KPU Teluk Bintuni Verifikasi Data Parpol Menggunakan Aplikasi Silon

Selasa, 06 Juni 2023 20:35 WITA

Card image

Komisioner Divisi Teknik Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Teluk Bintuni, Eko Priyo Utomo, saat wawancara dengan wartawan, Selasa (6/6/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

 

BINTUNI - Komisioner Divisi Teknik Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Bintuni Eko Priyo Utomo menerangkan, dalam melaksanakan tahapan verifikasi administrasi, KPU dan parpol menggunakan aplikasi Silon (sistem informasi pencalonan).

Ini dilakukan pascapenerimaan dan pengajuan bakal calon legislatif oleh partai politik yang berakhir pada tanggal 14 Mei 2023 sesuai dengan tahapan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dalam proses verifikasi administrasi ini kami menggunakan alat bantu berupa Silon. Dalam Silon tersebut, menpermin muncul dan bisa kami laksanakan proses permin mulai tanggal 25 Juni tahun 2023," terangnya, Selasa (6/6/2023).

Sampai saat ini lanjutnya sesuai update di Kasubag Teknis selaku admin Silon KPU Teluk Bintuni, bahwa sudah ada 18 partai politik selesai proses perminya.

Eko menjelaskan kendala yang dihadapi KPU Teluk Bintuni saat mengerjakan proses tahapan verifikasi administrasi dokumen adalah jaringan internet.

"Sempat menjadi kendala yang disebabkan perangkat penunjang seperti beberapa waktu lalu di daerah Tisay dan sekitarnya, di mana jaringan internet bermasalah padahal kami bekerja dengan menggunakan silon ini sangat tergantung kepada akses jaringan internet," ujarnya.

Namun setelah jaringan internet telah normal pada hari Sabtu, pihaknya mampu menyelesaikan permin 18 partai politik. Setelah dilakukan permin, nantinya ada catatan-catatan bagi para bakal calon.

"Kami rasa ada beberapa dokumen yang ternyata belum sesuai kami berikan status BPS, tahapan perbaikan itu nanti mulai per tanggal 26 Juni sampai dengan tanggal 9 Juli. Dan sampai sekarang juga belum ada teman-teman telepon dan datang karena belum pada tahapan itu," jelasnya.

Dikatakan, untuk partai politik yang memiliki akses Silon sejak sekarang sudah bisa membuka dan melihat catatan-catatan yang dicantumkan di aplikasi tersebut.

"Sehingga harapan kami seketika tahapan perbaikan mereka sudah siap. Misal ada dokumen yang harus diurus kembali, mereka sudah bisa urus secepatnya," ucapnya.


Reporter: Haiser
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya