Kunjungi IKN, Presiden Jokowi Ungkap Rencana Membangun Pusat Latihan Sepakbola

Jumat, 24 Februari 2023 14:21 WITA

Card image

Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri saat meninjau IKN, Jumat (24/2/2023). (Foto: Wibisono/PUPR)

Males Baca?

 

PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara. Sebelumnya Jokowi menginap di kawasan tersebut.

Turut melakukan peninjauan seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengungkapkan rencananya membangun sebuah pusat latihan atau training center di Kawasan IKN tersebut untuk mendukung persepakbolaan Indonesia. 

"Rencana lokasi pusat latihan akan dibangun di sub wilayah perencanaan (SWP) 1B IKN yang diperuntukkan untuk area pendidikan, kesehatan, dan komersial, termasuk prasarana dan sarana olahraga," ucapnya, Jumat (24/2/2023).

Jokowi juga menyampaikan hasil audit teknis 22 stadion sepak bola di Indonesia oleh Kementerian PUPR yang digunakan untuk pertandingan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. 

Kementerian PUPR dalam hal ini menugaskan Komite Keandalan Bangunan Gedung (KKBG) untuk melaksanakan audit teknis tersebut. 

"Sesuai dengan perintah saya kepada Menteri PUPR untuk mengaudit stadion sepakbola kita. Ada 22 stadion dengan kapasitas kurang lebih 20 ribu penonton dengan risiko tinggi selama Liga Satu dan Liga Dua dan juga untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023," tuturnya. 

Dari hasil audit dan evaluasi, Kementerian PUPR menyatakan 5 stadion yang dinilai rusak berat yakni 4 stadion perlu direhabilitasi dan 1 stadion perlu dibongkar.

Dikatakan, dari hasil audit teknis sebanyak 13 stadion lainnya dinyatakan rusak sedang sehingga perlu direnovasi, dan 4 stadion rusak ringan perlu direnovasi ringan. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya