Mahasiswa Keperawatan Unud Adakan PKM-PM Bantu Remaja Mengelola Masalah Emosi

Selasa, 10 Oktober 2023 15:28 WITA

Card image

pelatihan yoga dan meditasi untuk mencegah gangguan emosional serta mengelola emosi pada remaja di Banjar Tegeh, Dalung. (Foto: dok. Unud)

Males Baca?

BADUNG - Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) yang berjudul "AKRODHA” merupakan pelatihan yoga dan meditasi untuk mencegah gangguan emosional serta mengelola emosi pada remaja di Banjar Tegeh, Dalung. 

Kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners (PSSKPPN) angkatan 2020 dan angkatan 2021.

 Tim pelaksana program ini terdiri dari Ni Komang Devasia Giri Sandani (PSSKPPN 2020), Ni Ketut Ayu Warmayanti (PSSKPPN 2020), Ni Made Pradnyaswari Puspita Arta K (PSSKPPN 2020), Putu Siska Dewi (PSSKPPN 2021), serta Rapmauli Tambunan (PSSKPPN 2021) yang dibimbing oleh Ns. Ni Made Oka Ari Kamayani, S.Kep., M.Kep. 

Program ini berlangsung selama delapan kali pertemuan mulai dari tanggal 30 Juli hingga 10 September 2023 dan dilaksanakan di Banjar Tegeh Dalung.

Pada pertemuan pertama, kegiatan yang dilakukan adalah pemaparan materi mengenai manfaat yoga dan meditasi dalam mengelola masalah emosional pada remaja.

Sebelum pemaparan materi dilakukan, peserta diharuskan mengisi kuesioner pre-test dan post-test untuk mengevaluasi pengetahuan mereka. 

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan yoga ini adalah 14 orang, yang merupakan remaja di Banjar Tegeh Dalung.

Kegiatan PKM-PM Akrodha ini merupakan sebuah pelatihan yang terdiri dari latihan yoga dan meditasi dengan menggunakan afirmasi positif, serta sesi break and talk session dan permainan.

Pada sesi latihan yoga, tim pelaksana akan memperagakan gerakan-gerakan yoga yang kemudian diikuti oleh peserta. Pada sesi meditasi, peserta akan diajak untuk mengucapkan afirmasi positif kepada diri sendiri sambil mengambil napas dalam.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya