Meriahkan Bulan Bung Karno, Pemkot Denpasar Gelar Lomba Baleganjur Tingkat Remaja

Jumat, 02 Juni 2023 21:25 WITA

Card image

Wali Kota Denpasar didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar membuka Lomba Baleganjur Tingkat Remaja, Jumat (2/6/2023). (Foto: Agung/MCW)

Males Baca?

 

DENPSAR - Dinas Kebudayaan Kota Denpasar menggelar lomba baleganjur tingkat remaja se Kota Denpasar. Parade yang dibuka oleh Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara ini digelar serangkaian peringatan Bulan Bung Karno Tahun 2023.

Jaya Negara mengatakan, parade bertujuan sebagai ajang pembinaan dan pelestarian kesenian tradisional dalam rangka mewujudkan Kota Kreatif menuju Denpasar Maju.

"Ajang ini juga sekaligus menjadi sarana evaluasi dari semua pembinaan sekaa Baleganjur yang ada di Kota Denpasar," ujarnya, Jumat (2/6/2023).

Dirinya berharap melalui parade yang digelar dapat mengembangkan kreativitas dan aktivitas seni kreatif inovatif di kalangan generasi muda, sebagai penerus atau pewaris seni budaya yang tumbuh dan berkembang di jaman globalisasi.

Sementara Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan, Parade dilaksanakan selama 2 hari, 1-2 juni 2023 dengan mengambil tempat di panggung terbuka areal lapangan puputan I Gusti Ngurah Made Agung.

Ia mengungkapkan, sebelum parade acara pembukaan diawali dengan prosesi seni inagurasi, yang berjudul "Jayaning Garuda" oleh sekaa gong Panca Sanak Denpasar.

"Parade diikuti 15 sekaa dan masing-masing sekaa berjumlah 30 orang terdiri dari 21 orang penabuh, 8 orang juru tegen dan 1 orang pembawa papan nama sekaa. Peserta dibagi menjadi dua grup penampilan, di mana hari pertama 8 sekaa dan hari kedua 7 sekaa sebunan," terangnya.

Ia menjelaskan, adapun beberapa unsur menjadi dasar pengamatan meliputi pada kegiatan tahun ini. Yakni Teknik (gegedig dan tetekep), Ide dan Gagasan, Struktur meliputi komposisi (pangawit, pangawak, pangecet), Kreativitas (pengembangan musikalitas dan originalitas garapan) serta Penampilan (ekspresi, gerak dan tabuh).

Lebih lanjut dikatakan, di samping sebagai ajang pelestarian dan pengembangan, parade baleganjur remaja tahun ini juga sebagai ajang seleksi untuk menyiapkan duta Kota Denpasar pada pelaksanaan lomba baleganjur Pesta Kesenian Bali ke-46 tahun mendatang. 

"Ajang ini juga sebagai wadah untuk pengembangan seni musik tradisional baleganjur yang semakin inovatif dan aktraktif yang sangat disukai oleh para generasi muda," tuturnya.


Reporter: Agung
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya