Mulai Besok Wapres Berkantor di Papua, Aparat Gabungan Gelar Pasukan Pengamanan

Minggu, 08 Oktober 2023 19:32 WITA

Card image

Gelar pasukan pengamanan VVIP, Minggu (8/10/2023), dalam rangka kunjungan Wapres Ma'ruf Amin ke Papua. (Foto: Sev/MCW)

Males Baca?

TIMIKA - Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono memimpin apel gelar pasukan pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke Papua.

Apel gabungan TNI-Polri berlangsung di lapangan Denzipur 10/KYD, Jayapura, Minggu (8/10/2023), dihadiri jajaran pejabat utama Kodam XVII/Cenderawasih, Korem 172/PWY, dan Polda Papua.

Brigjen TNI Dedi Hardono menekankan pentingnya kesiapan bersama seluruh instansi terkait, termasuk Forkopimda di wilayah Provinsi Papua demi kelancaran kunjungan Wapres tersebut.

Ia juga mengingatkan pentingnya apel kesiap-siagaan dalam mengecek personel dan peralatan militer (alutsista) yang akan digunakan selama pengamanan kunjungan. 

Lebih lanjut Hardono menekankan penggunaan pendekatan persuasif dalam menjaga situasi keamanan, serta menghindari tindakan kekerasan atau kekacauan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan.

“Apabila terjadi situasi sulit atau masalah di berbagai titik, diharapkan seluruh personel pengamanan untuk segera mengatasi masalah tersebut dan memperhatikan detail-detail kecil yang dapat berdampak pada kelancaran kunjungan,” katanya.

Adapun Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan memulai kunjungan di Papua mulai Senin (9/10/2023). Ia akan berkunjung ke tiga daerah yaitu Jayapura, Wamena, dan Merauke.

Wapres Ma'ruf Amin akan menempati kantor wilayah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Jayapura. Di tempat itu, Ma'ruf Amin akan mengadakan rapat koordinasi dengan para kepala daerah se-Papua.

"Wapres diberi tugas khusus oleh Pak Jokowi bagaimana agar percepatan pembangunan kesejahteraan Papua itu bisa terlaksana," kata Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi.

Selain itu, Ma'ruf Amin dijadwalkan berdialog dengan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), altet Papua, serta pengusaha Papua guna memahami masalah ekonomi di wilayah paling timur Indonesia.

 

Reporter: Sevianto


Komentar

Berita Lainnya