Pascasarjana Unud Gelar Kuliah Perdana, Diikuti 1.290 Mahasiswa Baru dari 66 Program Studi

Selasa, 05 September 2023 20:06 WITA

Card image

Kuliah perdana berlangsung secara daring dan luring bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Selasa (5/9/2023). (Foto: Dok.Unud)

Males Baca?

BADUNG  - Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Kuliah Perdana dengan menghadirkan 1.290 mahasiswa baru yang tersebar pada 66 Program Studi di 11 Fakultas dan Pascasarjana. 

Kuliah perdana ini berlangsung secara daring dan luring bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Selasa (5/9/2023). Kuliah Perdana dibuka langsung oleh Rektor Unud ini menghadirkan lima narasumber yakni Irjen Kemendikbudristek, Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Sekretaris USDI, Ketua JUPI Unud dan Kepala UPT Perpustakaan.

Plt. Direktur Pascasarjana Unud Prof. I Wayan Budiasa mengatakan dari 1.290 mahasiswa baru pascasarjana, sebanyak 774 mahasiswa (60 persen) disumbang oleh 3 besar yaitu Fakultas Kedokteran  sebanyak 306 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 224 mahasiswa, dan Pascasarjana  sebanyak 244 mahasiswa. Dari 1.290 mahasiswa baru pascasarjana, sejumlah 505 mahasiswa hadir secara Luring di Gedung Widya Sabha, dan 785 mahasiswa hadir secara Daring. Peserta Kuliah Perdana ini merupakan semua mahasiswa baru Program Profesi, Program Magister, Program Doktor, dan Program Pendidikan Dokter Spesialis di Universitas Udayana.  

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam pembukaan acara ini menyampaikan, Universitas Udayana saat ini memiliki 13 fakultas, satu pascasarjana, dengan total Program Studi sebanyak 122 yang terdiri atas tiga prodi Diploma 3, 49 Prodi S1/S1 Terapan, 9 Program Profesi, 28 Prodi Magister, 13 Prodi Doktor, dan 20 PPDS. Jadi, dari 122 Prodi di Universitas Udayana, sebanyak 70 prodi diantaranya merupakan program pascasarjana meliputi Program Profesi, Program Magister, Program Doktor, dan PPDS. Pendidikan tinggi di Unud mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang diturunkan kedalam Standar Universitas Udayana, dan mengacu pada Pedoman Akademik Program Profesi, Pedoman Akademik Program Magister, Pedoman Akademik Program Doktor, dan Pedoman Akademik PPDS.

Proses Pendidikan di Unud juga ditunjang oleh Sistem Informasi Manajemen Administrasi Akademik (SIMAK) yang telah terintegrasi ke dalam Integrated Management Information System of Unud (IMISSU) yang dikelola oleh Unit Sistem Data dan Informasi (USDI), sarana dan prasarana akademik yang lengkap dan berkualitas seperti berlangganan jurnal berkualitas yang dikelola oleh UPT Perpustakaan, pelayanan publikasi ilmiah oleh Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Universitas Udayana.

Berbagai fasilitas terus menerus ditingkatkan Universitas Udayana dalam rangka menunjang proses pembelajaran, dan diharapkan seluruh mahasiswa baru dapat menuntaskan pendidikannya secara tepat waktu sesuai dengan masa studi masing-masing jenjang pendidikan.

Narasumber Irjen Kemendikbudristek Dr. Chatarina Muliana dalam materinya menyampaikan  transformasi pendidikan dan pencapaian 8 IKU Perguruan Tinggi, Prinsip Good University Governance, Pengawasan atas Penyelenggaraan-Pengelolaan PTN serta Peran SPI dalam Penguatan Pengawasan di PTN. Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. I Gede Rai Maya Temaja menyampaikan sekilas profil Unud, sistem pembelajaran, penjaminan mutu serta sarana dan prasarana. Sekretaris USDI Dr. Dewa Made Wiharta menyampaikan terkait sistem informasi di Unud. Ketua Unit JUPI Gusti Ayu Candra Dharmayanti, Ph.D menyampaikan terkait informasi jurnal dan publikasi, dan narasumber Kepala UPT Perpustakaan Dr. Ida Ayu Laksmita Sari dengan topik sistem informasi perpustakaan Unud. (unud.ac.id)


Komentar

Berita Lainnya





KPK Gelar Festival Film Antikorupsi