Program Jaga Sungai Jaga Kehidupan BRI Jayapura Berhasil Angkut 4 Ton Sampah di Sungai Anafre 

Minggu, 24 Desember 2023 06:16 WITA

Card image

Tim BRI saat menggelar aksi pembersihan sampah kali Anafre, Jayapura, Sabtu (23/12/2023)

Males Baca?

JAYAPURA - Sampah tentu kita sama-sama sepakat menjadi salahsatu penyebab banyaknya permasalahan negatif yang terjadi di masyarakat. Baik soal kesehatan maupun dampak bencana banjir jika terjadi penumpukan yang berlebih dan menyumbat aliran air pada sungai.

Yang intinya tentu ibarat melempar air kekolam, terpencik muka sendiri. Sampah dari kita dan dampaknya kembali pada kita juga. 

Isu soal lingkungan ini terus digencarkan berbagai pihak, tentu dengan harapan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Melalui semangat yang sama, BRI RO (Region Officer) Jayapura dengan menggandeng berbagai pihak termasuk pegiat lingkungan, menggelar aksi bersih-bersih sungai di Kota Jayapura dengan tema "Jaga Sungai Jaga Kehidupan x BRI Menanam", pada akhir pekan kemarin.

Sungai Anafre dipilih sebagai titik aksi lantaran sungai ini kerab meluap saat hujan berintensitas tinggi terjadi. Tumpukan sampah menghambat aliran air dan mengakibatkan banjir diwilayah Abepura dan sekitarnya.

"Aksi bersih-bersih sungai ini kita lakukan bersama berbagai pihak termasuk dari Pemerintahan Kota, adat dan pemerhati. Jadi aksi ini bagian dari Tanggungjawab Sosial Lingkungan (TJSL) BRI sekaligus dalam rangkaian HUT BRI ke-128,"ungkap Aristo Hanafi, mewakili Regional CEO BRI Jayapura, Sabtu (23/12/2023).

Diakuinya, dalam aksi tersebut berhasil mengangkut 4 Ton lebih sampah plastik dan campuran. Dengan rincian 139 Kg sampah plastik dan 4.665 Kg sampah campuran.

"Dari hasil aksi 4 ton lebih sampah berhasil kita angkut. Sampah-sampah ini kebanyakan sampah rumah tangga berupa botol-botol plastik dan lainnya. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam aksi ini," ucapnya.

Selain aksi bersih-bersih sampah di Kali Anafre, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon disepanjang aliran sungai Anafre dan pemberian sumbangan Bak Sampah Kontainer BRI.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya