Tiga Calon Pj Wali Kota Sorong Diusulkan DPRD, Satu Diduga Tersangkut Kasus Hukum

Jumat, 22 Juli 2022 21:39 WITA

Card image

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD PA GMNI) Provinsi Papua Barat, Yosep Titirlolobi (Foto: MCWNEWS)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, SORONG - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD PA GMNI) Provinsi Papua Barat Yosep Titirlolobi menilai Pimpinan DPRD Kota Sorong asal-asalan dalam memilih nama-nama calon Pj (Penjabat) Wali Kota Sorong, tanpa melihat track record masing-masing calon. Sebabnya, ia mengatakan satu dari 3 kandidat tersebut diduga pernah tersangkut kasus hukum pada tahun 2013.

"DPD PA GMNI Papua Barat telah mendapat data yang sangat akurat, bahwa ada salah satu kandidat Pj Wali Kota Sorong yang diusulkan oleh ketiga pimpinan DPRD Kota Sorong dan telah dibawa ke Jakarta, diduga pernah tersangkut masalah hukum dugaan tindak pidana korupsi dana pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sorong Periode 2012-2017," ucap Yosep melalui pesan singkatnya, Jumat (22/7/2022).

Bahkan, Yosep menjelaskan, calon Pj Wali Kota Sorong yang bermasalah itu pernah dipanggil dan diperiksa sebagai tersangka oleh Penyidik Reskrimsus Polda Papua terkait kasus dugaan korupsi tersebut pada tahun 2012, berdasarkan surat panggilan dari Direskrimsus Polda Papua Nomor: S.Pgl/207/VII/2012/Ditreskrimsus atas Laporan Polisi (LP) dengan Nomor : LP/69/IV/2013/SPKT.

Tidak hanya itu, calon Pj Wali Kota Sorong itu juga disebut-sebut pernah tersangkut hukum dan dipanggil oleh Kejaksaan Negeri Sorong dalam proses penyelidikan dugaan korupsi anggaran ATK Kota Sorong tahun anggaran 2017 sebesar Rp 8 miliar.

"Hancurnya kota ini karena Wali Kota dan pimpinan DPRD Kota Sorong seperti menutup mata, dan membiarkan mereka yang tersangkut masalah hukum dicalonkan sebagai Pj Wali Kota menggantikan Wali Kota Sorong yang jabatannya akan berakhir pada 22 Agustus 2022," tegas Yosep.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, nama-nama calon Pj Wali Kota Sorong yang diusulkan itu telah beredar dan diketahui masyarakat. Usulan ketiga nama itu ditandatangani Pimpinan DPRD Kota Sorong pada tanggal 18 Juli 2022. Adapun nama-nama itu yakni Andreas Adii, Yulian Kelly Kambu dan Ariance Sara Konjol. (Les)


Komentar

Berita Lainnya