Unud Jalin Kerjasama dengan PT. Hewania Solusi Digital, Terkait Animal Health Service Bagi Mahasiswa

Selasa, 27 Juni 2023 08:36 WITA

Card image

Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Unud dan PT. Hewania Solusi Digital, Rabu (21/6/2023). (Foto: Dok.Unud)

Males Baca?

 

DENPASAR - Universitas Udayana (Unud) dan PT Hewania Solusi Digital (HSD) secara resmi mengawali kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh kedua belah pihak, bertempat di Ruang Nusa Gedung Rektorat Unud Kampus Bukit Jimbaran, Badung pada Rabu (21/6/2023).

Penandatanganan MoU tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan oleh inisiator kerja sama yaitu Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) dengan pihak PT HSD.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Unud Prof I Putu Gede Adiatmika dalam hal ini mewakili Rektor, menyampaikan bahwa kerja sama yang diprakarsai secara khusus Fakultas Kedokteran Hewan dengan PT Hewania Solusi Digital, melihat dari sisi kerja sama ini tentunya bermain di platform digital.

“Bagaimana kita akan mendorong mahasiswa dari program Pendidikan Dokter Hewan dan program Profesi Dokter Hewan untuk berpartisipasi aktif dalam kerja sama ini, yang tidak saja untuk mendapatkan pengalaman bekerja di dunia maya melalui platform digital, tetapi juga mendapat pengalaman secara khusus bagaimana memberikan layanan kepada komunitas hewan maupun pencinta hewan melalui proses magang dan praktik atau komunikasi di dunia maya,” ucapnya.

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, baik untuk program pendidikan maupun program kopetensi. Unud sepenuhnya akan mendukung kerja sama ini. “Memang secara MBKM resmi, kedokteran hewan tidak dilibatkan secara khusus, tetapi secara mandiri mereka akan diberikan kesempatan, dan PT Hewania memberikan lahan kepada mahasiswa kita untuk bisa melakukan praktik secara online maupun offline,” kata Wakil Rektor, menjelaskan.

Direktur PT Hewania Solusi Digital Richard Nathaniel Candra dalam acara penandatanganan tersebut menyampaikan, kerja sama yang dilakukan ini berkaitan dengan edukasi pada masyarakat khususnya. “Jadi pada nantinya kami berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Hewan Unud supaya bisa memberikan edukasi kepada komunitas kedokteran hewan mupun kepada komunitas pecinta hewan yang ada di dalam ekosistem dari Hewania, karena saat ini ada lebih dari 100 dokter mitra dan lebih dari 15.000 pengguna Hewania merupakan pet lovers di seluruh Indonesia,” ucapnya .

Richard berharap, nantinya ada satu peningkatan kualitas melalui kerja sama dengan Universitas Udayana, khususnya di Fakultas Kedokteran Hewan. Untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Unud juga akan diberikan kesempatan untuk bisa melakukan program magang karena khususnya di Hewania yang bergerak di bidang Digital Animal Health Service yang mana setiap mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman atau kesempatan untuk bisa melakukan program magang di Hewania khususnya mengenai kesehatan hewan jarak jauh atau juga bisa diterima di klinik Hewania.

Selain itu juga akan dibuka kesempatan bagi mahasiswa maupun civitas akademika Universitas Udayana lainnya untuk melakukan pengembangan riset atau inovasi yang berkaitan dengan kesehatan hewan atau pelayanan kesehatan jarak jauh, sehingga melalui kolaborasi ini harapannya bisa membawa manfaat bagi banyak orang, kata Richard, mengharapkan. (unud.ac.id)


Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya