Arya Wibawa Sebut Lahan dan Pertanian Bernilai Strategis

Sabtu, 15 April 2023 19:44 WITA

Card image

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat membuka Bimtek di Prime Plaza Hotel Sanur, Sabtu (15/4/2023). (Foto: Dok.Agung/mcw)

Males Baca?

 

DENPASAR - Bimbingan Teknis (Bimtek) Kegiatan Prasarana dan Sarana Pertanian digelar di Prime Plaza Hotel Sanur. Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa hadir mendampingi Anggota Komisi IV DPR RI, I Made Urip sekaligus membuka acara.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam sambutan yang dibacakan Wakil Wali Kota Denpasar menyampaikan, lahan dan pertanian memiliki peran dan fungsi strategis bagi masyarakat Indonesia yang bercorak agraris. 

“Lahan tidak saja memiliki nilai ekonomi dan sosial, bahkan di daerah Bali lahan pun memiliki nilai religius,” ucapnya, Sabtu (15/4/2023).

Dikatakan Arya Wibawa, dalam rangka pembangunan pertanian yang berkelanjutan, lahan merupakan sumber daya alam yang bersifat langka karena jumlahnya tidak bisa bertambah.

Di sisi lain, kebutuhan akan lahan tersebut selalu meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Di samping itu, yang menjadi persoalan yaitu kandungan bahan organik yang masih rendah. 

Hal ini tidak hanya berlangsung di Denpasar, namun juga terjadi di seluruh Bali dampak dari penggunaan pupuk kimia secara terus menerus. 

"Oleh karena itu diperlukan cara pemecahan secara komperhensif dan kedepannya kami berharap agar alih fungsi lahan dapat ditekan dan kesuburan lahan sawah di Kota Denpasar dapat ditingkatkan,” terangnya.

Sementara anggota Komisi IV DPR RI Made Urip mengatakan, di era saat ini dengan kondisi lahan dan sumber daya alam yang mulai menipis ini tentu menjadi tugas bersama.

Yakni bagaimana cara untuk menjaga lahan-lahan produktif dan tanah kelas satu yang ada di Bali khususnya Denpasar agar tidak semua tergerus untuk kepentingan di luar pertanian. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya