Hasil OTT KPK di Bandung: Tangkap 9 Orang dan Amankan Uang Tunai Ratusan Juta

Sabtu, 15 April 2023 10:16 WITA

Card image

KPK berhasil mengamankan sejumlah uang tunai dalam bentuk rupiah terkait operasi senyap tersebut, Jumat (14/4/2023). (Foto: Ilustrasi/mcw)

Males Baca?

 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (14/4/2023) sejak siang hingga malam hari. KPK mengamankan sembilan orang dalam giat penindakan tersebut.

Dari sembilan orang yang diamankan tersebut, di antaranya adalah Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (YM) dan pejabat Dinas Perhubungan (Dishub). Sebanyak sembilan orang tersebut saat ini sedang menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

"Jumlah orang yang ditangkap sejauh ini 9 orang termasuk wali kota dan beberapa pejabat lainnya di Dinas Perhubungan Kota Bandung," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Sabtu (15/4/2023).

KPK juga berhasil mengamankan sejumlah uang tunai dalam operasi senyap tersebut. Uang yang berhasil diamankan senilai ratusan juta rupiah. KPK masih menghitung jumlah pasti uang tersebut.

"KPK juga mengamankan bukti uang. Masih akan dikonfirmasi lebih dahulu kepada para pihak terperiksa. Uang dalam pecahan rupiah," urainya.

Uang tunai senilai ratusan juta rupiah itu diduga berkaitan dengan suap proyek pengadaan Closed Circuit Television (CCTV) dan jaringan internet Kota Bandung. Kedua proyek itu merupakan program smart city Kota Bandung.

"Diduga terkait suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet," beber Ali.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang berhasil diamankan dalam OTT di Bandung tersebut. KPK akan segera tentukan status hukum mereka hari ini.

Reporter: Satrio
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya