Bahas Keuangan Daerah, Pemkab Teluk Bintuni Selenggarakan Workshop

Sabtu, 10 Desember 2022 06:58 WITA

Card image

Tampak Bupati Teluk Bintuni (Kemeja Putih) Membuka Kegiatan Workshop Keuangan Daerah dengan memukul Tifa di Manokwari , Papua Barat. Sabtu (10/12/2022). (Foto: Haiser/mcw)

Males Baca?


MANOKWARI - Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw membuka workshop keuangan daerah di Manokwari. Workshop yang digelar mengambil tema "Peningkatan Penatausahaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni".

Dalam sambutannya Bupati Teluk Bintuni menyampaikan, sesuai amanat Pasal 247 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa perencanaan pembangunan daerah idasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

"SIPD sendiri adalah sistem informasi yang membantu penyediaan data dan informasi pembangunan daerah, penyusunan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah secara elektronik yang pelaksanaannya dilakukan oleh masing-masing pemerintah daerah secara nasional," jelasnya, Sabtu (10/12/2022).

Dikatakan, tujuan SIPD antara lain meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah melalui dukungan ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggung-jawabkan; 

Kedua mengoptimalkan pengumpulan, pengisian dan evaluasi serta pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah; 

Serta ketiga membangun legal database pembangunan untuk seluruh daerah, sebagai dasar input untuk perencanaan pembangunan baik pusat maupun daerah.

"Oleh sebab itu, jika menilik urgensi SIPD dalam kualitas pembangunan daerah maupun nasional, maka pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, yang menginisiasi workshop hari ini," tuturnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya




KPK Gelar Festival Film Antikorupsi