Bicara di Forum Internasional, Ketua KPK Ingatkan Modus Korupsi Makin Canggih

Senin, 29 Agustus 2022 20:05 WITA

Card image

Ketua KPK, Firli Bahuri

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih menjadi salah satu pembicara dalam forum internasional Regional Anti-Corruption Conference for Law Enforcement Professionals in Southeast Asia yang digelar secara hybrid di Bangkok, Thailand, selama 3 hari, 29-31 Agustus 2022.

Ketua KPK, Firli Bahuri menjadi perwakilan pembicara dari lembaga antirasuah. Dalam kesempatan itu, Firli berbicara soal modus korupsi yang semakin canggih dan kompleks. Oleh karenanya, Firli menekankan pentingnya penguatan kerja sama antar negara untuk pemberantasan korupsi dan pencucian uang.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenis, pola, dan pelaku korupsi beradaptasi dengan perkembangan sosial, politik, dan ekonomi," beber Firli mengutip keterangan resmi yang dirilis KPK, Senin (29/8/2022).

"Semakin tinggi pendapatan suatu negara, semakin banyak korupsi dan pencucian uang yang akan beradaptasi. Dengan kata lain, korupsi merupakan "moving target' yang berkembang mengikuti kemajuan zaman dan teknologi," sambungnya.

Tak hanya itu, Firli juga membagikan pengalaman dan keberhasilan KPK dalam upaya pengembalian aset tindak pidana korupsi atau TPPU (tindak pidana pencucian uang) melalui kerja sama antar negara dan lembaga penegakan hukum. Salah satunya, dengan FBI dan Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS).

Berkat kerja sama tersebut, dipamerkan Firli, uang senilai 5,9 juta dolar Amerika Serikat berhasil diamankan dan dikembalikan ke Indonesia pada Januari 2022. Aset tersebut merupakan hasil tindak pidana korupsi di Indonesia yang dicuci di Amerika Serikat.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya