Bupati Teluk Bintuni Pimpin Apel Pencanangan Gerakan "Sipesta"

Rabu, 06 September 2023 14:06 WITA

Card image

Bupati Teluk Bintuni didampingi Wakil Bupati, Kapolres Teluk Bintuni, saat melepaskan Bhabinkamtibmas dan Polisi RW dari Halaman Mapolres Teluk Bintuni untuk membantu tenaga Posyandu menekan angka stunting, Rabu (6/9/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

BINTUNI -  Bupati Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, memimpin Apel Pencanangan Gerakan Polisi Peduli Stunting Anak (Si Pesta) di lapangan upacara Polres Teluk Bintuni, Distrik Bintuni Timur, Rabu (6/9/2023).

Dalam amanatnya, Bupati Kasihiw mengatakan bahwa kita memiliki tugas yang berat untuk menyiapkan anak-anak Indonesia menjadi sumber daya manusia yang unggul. 

"Kesehatan anak-anak di masa sekarang menjadi syarat utama untuk membentuk karakter anak yang kuat, memiliki kecerdasan, inovasi, dan kreativitas yang tinggi," pesan Bupati Petrus Kasihiw.

Di sisi lain, bangsa ini sedang menghadapi stunting atau kekerdilan pada anak. Stunting telah menjadi isu nasional karena penyakit ini menghambat tumbuh kembang anak dan merupakan penghalang tercapainya potensi maksimal anak. 
"Oleh sebab itu, pemerintah mulai melakukan intervensi secara berkelanjutan dalam pencegahan dan penurunan angka prevalensi stunting di Indonesia," kata Bupati.

Bupati Kasihiw menyambut baik adanya Program Si Pesta oleh Polres Teluk Bintuni. Melalui program ini, personel kepolisian di wilayah tugas Polres Bintuni dapat melakukan pendekatan lebih erat dengan masyarakat sehingga fungsi pendataan dan analisis masalah stunting lebih terdata secara real-time dan menghasilkan rencana aksi yang baik untuk mengatasi stunting pada anak.

Selain itu, terdapat fungsi evaluasi yang akan menilai keberhasilan program ini secara periodik dan memberi masukan kepada pemerintah daerah terkait langkah konkrit untuk mengoptimalisasi penurunan angka stunting di kabupaten Teluk Bintuni. Adapun langkah pertama dari tim stunting Polres ini, akan dibagikan bahan pokok stunting dalam rangka perbaikan gizi masyarakat.

Dalam kesempatan yang baik ini, Bupati Kasihiw mengajak seluruh elemen jajaran Forkopimda, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh pendidikan, dan tenaga kesehatan sebagai mitra pemerintah untuk meningkatkan jalinan komunikasi demi terciptanya pola koordinasi yang baik.

"Dengan peluncuran program Si Pesta di hari ini, diharapkan dapat membantu penyelenggaraan percepatan penurunan stunting agar dapat terlaksana lebih baik dan memberi daya ungkit dalam penurunan angka prevalensi stunting di Kabupaten Teluk Bintuni," tuntasnya.

Apel Pencanangan Gerakan Polisi Peduli Stunting Anak (Si Pesta) turut dihadiri oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid, Dandim 1806/TB, Letkol Arm. Patrick Arya Bima, Kajari Teluk Bintuni, Jhon A Zebua, Danbrigif 26/GP, Letkol Inf. Sidik Wiyono, Danyon 763/SBA, Letkol Inf. Imam Wahyono, dan Ketua PKBM Rumbai Koteka Bintuni, Yohanes Manibuy.

Reporter: Haiser
Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya