Cegah Aksi Korupsi, Ini Upaya yang Dilakukan Stranas PK

Selasa, 20 Desember 2022 09:05 WITA

Card image

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) FirliBahuri, (Foto: dok.kpk)

Males Baca?


JAKARTA - Tim strategi nasional (Stranas) pencegahan korupsi meluncurkan Aksi Pencegahan Korupsi (Aksi PK) untuk tahun 2023-2024. Peluncuran Aksi PK berlangsung di Jakarta Pusat.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam sambutannya mengatakan, Stranas PK memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi sebagai arah kebijakan nasional.

"Di mana hal itu digunakan sebagai acuan kementerian, lembaga, pemerintah daerah (K/L/PD) dan pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan aksi pencegahan korupsi di Indonesia," ungkapnya, Selasa (20/12/2022).

Sebelum meluncurkan Aksi PK untuk Tahun 2023-2024, sebagai bagian dari Stranas PK ingin menyampaikan capaian 12 Aksi beserta indikator outputnya yang mencapai 53,1 persen. 

Menurutnya, jika diukur dari target 100 persen pada triwulan VIII (B24), maka nilai capaian triwulan VI ini masuk kategori ‘kuning’ atau sedang.

Meski demikian lanjutnya, jika dibandingkan dengan periode B18, nilai periode B21 mengalami kemajuan atau peningkatan cukup baik sekitar 8,4 persen.

Beberapa kemajuan yang signifikan, 14 persen lebih terjadi pada dua aksi, di antaranya implementasi pada e-payment atau e-katalog dan reformasi pelabuhan.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya





KPK Gelar Festival Film Antikorupsi