Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Torut Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Kamis, 20 Oktober 2022 06:19 WITA

Card image

Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Torut Ajak masyarakat manfaatkan lahan pekarangan secara optimal, Rabu, (19/10/2022), Foto: Dok. MCWNEWS

Males Baca?


RANTEPAO - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupatej Toraja Utara (Torut) mengajak masyarakat untuk meningkatkan  tanaman Holtikultura dan Ketahanan Pangan 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Toraja Utara Paulus Batti didampingi Bidang Pengembangan perikanan BBI, Yohanis, Rabu (19/10/2022) saat meninjau lahan pekarangan produksi tanaman yang dikelola mengatakan Kebutuhan pangan sehari-hari sebagian besar didatangkan dari luar Kabupaten karena Kondisi saat ini belum dimanfaatkan lahan pekarangan secara optimal. "Dibutuhkan manfaat pekarangan dalam pemenuhan kebutuhan keluarga serta menambah penghasilan", ucapnya.

Kata Paulus, perlunya terobosan inovasi, untuk memulai tentunya dari istansi yang dipimpinnya menjadi  percontohan untuk mendorong  dan mengubah pola masyarakat khususnya kaum perempuan untuk memastikan lahan pekarangan berupa budidaya tanaman Holtikultura seperti Sayuran Lada dancabe.

"Pemanfaatan lahan pekarangan untuk  kebutuhan keluarga dan menambahkan penghasilan  jika dikelola dengan baik serta hasil dapat dijual sebagai sumber pendapatan keluarga, karna beberapa komoditi yang tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membudidayakan", terangnya.

Lanjut Paulus, selain perkuat Ketahanan Pangan juga melakukan peningkatan produksi ikan tawar untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat Toraja Utara .

Yohanis, Bidang pengembangan perikanan  Balai Benih Ikan  menambahkan, bahwa  40 induk ikan yang siap  menetas akan disiapkan empat kolam untuk penempatan larva ikan tersebut. "Saat ini, kolam ikan dalam tahapan proses pembersihan pengolahan tanah setelah dilakukan pengeringan air  kolam. 
 

(Saldi Samara)


Komentar

Berita Lainnya