Dukung Program Prioritas Presiden Jokowi, Pemkab Teluk Bintuni Terima Penghargaan UHC

Selasa, 14 Maret 2023 20:00 WITA

Card image

Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan kepada Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT, Selasa (14/3/2023). (Foto: Haiser/mcw)

Males Baca?


JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni menerima penghargaan bergengsi berupa Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023 karena telah mendukung program prioritas yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Program tersebut di antaranya memberikan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden KH Ma’aruf Amin, yang diwakili Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian dan diterima Bupati Teluk Bintuni.

"Penghargaan yang diberikan Presiden kepada para Kepala Daerah merupakan bentuk penilaian, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus ditingkatkan terutama pelayanan BPJS Kesehatan," kata Mendagri, Selasa (14/3/2023).

Menurut Tito, masyarakat membutuhkan pelayanan ringan, cepat dan memuaskan terutama dalam bagaimana memperoleh pelayanan kesehatan yang prima.

Usai menerima penghargaan Bupati Teluk Bintuni menerangkan, piagam penghargaan serta tropi yang diterima merupakan satu kebanggaan Kabupaten/ Kota.

"Hal itu juga sebagai satu komitmen pemerintah daerah untuk senantiasa mendukung program prioritas nasional dari Bapak Presiden," terangnya.

Dirinya tidak memungkiri masih terdapat keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di BPJS Kesehatan Teluk Bintuninm. Namun kata dia, dengan berjalannya waktu dapat diperbaiki sehingga ada perubahan.

Kasihiw menambahkan, Direktur BPJS telah mempersingkat waktu pelayanan hanya dua minggu, sehingga antara kewajiban pemerintah daerah ikut mensukseskan program BPJS juga seimbang dengan pelayanan.

"Kita sudah 99,78 persen mengcover BPJS kesehatan masyarakat. Namun demikian, kita akan berusaha sampai 100 persen cover masyarakat masuk BPJS kesehatan," tegasnya.

Edito: Ady


Komentar

Berita Lainnya