Edison Orocomna Sebut Pembentukan DOB PBT Ibarat Membangun Rumah Tanpa Pondasi

Jumat, 17 Maret 2023 08:02 WITA

Card image

Edison Orocomna didampingi Simson Orocomna menyerahkan dokumen DOB Moskona kepada Syamsudin Seknun, Kamis (16/3/2023). (Foto: Haiser/mcw)

Males Baca?

 

BINTUNI - Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Provinsi Papua Barat Tengah (PBT) yang digagas Bupati Teluk Bintuni, Bupati Teluk Wondama, Wakil Bupati Fakfak, dan Wakil Bupati Kaimana diibaratkan membangun rumah tanpa pondasi. 

"Rencana pembentukan Provinsi Papua Barat Tengah itu diibaratkan membangun rumah tampa pondasi dan  perjuangan, itu sia-sia sebelum disahkan daerah otonom baru yang sudah sejak lama diperjuangkan oleh masyarakat Moskona, Sebyar dan Babo," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PERINDO Kabupaten Teluk Bintuni, Edison Orocomna, Kamis (16/3/2023) sore.

Kepada awak media, Edison Orocoma berujar pembentukan Provinsi Papua Barat Tengah sebaiknya ditunda.

"Tunggu dulu pondasi jadi, landasan sudah oke yaitu kabupaten baru," ujarnya.

Menurutnya, pengusulan DOB bukan hanya ada di Kabupaten Teluk Bintuni, ada juga di Kabupaten Fakfak, Manokwari dan ada satu usulan lagi yaitu Kuri Wamesa, daerah yang berbatasan antara Kabupaten Teluk Bintuni dengan Teluk Wondama. 

"Sekarang ada tujuh kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat, jika tambah lima maka ada dua belas labupaten. Selanjutnya dibagi dua untuk melahirkan ibu baru atau bapa baru, itu yang kita sebut provinsi," kata salah satu tokoh pemekaran DOB Moskona ini.

Reporter: Haiser

Ediror: Ady


Komentar

Berita Lainnya