Eks Menkominfo Johnny Plate Divonis 15 Tahun Bui di Kasus Korupsi BTS Kominfo

Rabu, 08 November 2023 19:55 WITA

Card image

Mantan Menkominfo Johnny G Plate Usai Menjalani Sidang Putusan Kasus Korupsi BTS Kominfo di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2023).

Males Baca?

JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara terhadap Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Hakim juga menjatuhkan denda sebesar Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan terhadap Plate.

Hakim menyatakan bahwa Plate terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana korupsi terkait penyediaan infrastruktur base transceiver station atau BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022.

"Mengadili menyatakan terdakwa Johnny Gerard Plate telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam dakwaan primer Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP," ujar Hakim Fahzal Hendri saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor pada PN Jakpus, Rabu (8/11/2023).

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Johnny Gerard Plate dengan pidana penjara selama 15 tahun dan denda sebesar Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan," imbuhnya.

Selain pidana pokok, hakim juga menjatuhkan pidana tambahan berupa kewajiban uang pengganti terhadapPlate sebesar Rp15.500.000.000 (Rp15,5 miliar).

Tapi, jika uang pengganti tersebut tak dibayar setelah satu bulan vonis berkekuatan hukum tetap, maka harta bendanya akan disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti. Jika hartanya tak mencukupi maka dipidana selama 2 tahun.

"Membebankan terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp15,5 miliar subsider 2 tahun," kata hakim.

Adapun, hal yang memberatkan vonis Plate yakni karena tidak membantu program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Plate juga dinilai tidak mengakui kesalahannya dan merasa tidak bersalah. Johnny juga terbukti meminta uang kepada terdakwa Anang Achmad Latif selaku dirut Bakti Kominfo.

Sementara hal yang meringankan vonis yakni Johnny G. Plate dianggap sopan dalam persidangan, sebagai kepala rumah tangga, dan uang yang diterima sebagaimana pengakuannya untuk bantuan sosial.

Vonis ini tak jauh berbeda dengan tuntutan penuntut umum. Johnny G. Plate dituntut pidana 15 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider satu tahun kurungan, oleh jaksa penuntut umum (JPU) pada Kejaksaan Agung.

Reporter: Satrio


Komentar

Berita Lainnya