Elemen Masyarakat Adat Tegaskan Dukung PFM sebagai Ketua Dewan Adat Wilayah III Doberay

Senin, 30 Mei 2022 11:26 WITA

Card image

Males Baca?


MCWNEWS.COM, SORONG - Masyarakat adat Papua di wilayah adat Doberay yang membawahi 11 kabupaten/ kota di Provinsi Papua Barat menyatakan pelantikan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan DAP Wilayah III Doberay Papua Barat adalah ilegal dan tidak sah.

"Apabila diindikasikan melawan hukum maka kami serahkan kepada Pihak Kepolisian untuk melakukan pemeriksaan terhadap oknum-oknum terkait," kata Musa Mandacan, Ketua Dewan Adat Suku Meyah Arfak yang meliputi 7 wilayah Suku Meyah Arfak di kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Bintuni, Senin (30/5/2022).

Dirinya menyatakan bahwa hanya mengakui kepemimpinan Mananwir Paul Finsen Mayor, selaku Ketua Dewan Adat Wilayah III Doberay Papua Barat, anak Asli Suku Besar Betew Raja Ampat. 

"Oleh karenanya apabila ada yang mengatasnamakan diri, hal itu ilegal dan tidak sah, kami tidak akan akui," ujarnya.

Menurutnya, orang yang selama ini turun ke masyarakat adat, mengurus masalah adat dan menangani masalah adat di 11 kabupaten/ kota di Papua Barat adalah Mananwir Paul Finsen Mayor, Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat.

Hal senada juga diungkapkan Dance Ulimpa, Ketua Dewan Adat Suku Moy SE Sorong Raya bahwa kepemimpinan yang kuat dan diakui hanyalah Seorang Mananwir Paul Finsen Mayor, di luar dari itu abal-abal dan ilegal.

Ketua Dewan Adat Suku Maya Raja Ampat, Yohanes Arampele juga menolak dengan tegas oknum-oknum yang mengatasnamakan suku Maya dan mendukung pelantikan ilegal.

"Sebab seluruh Provinsi Papua Barat hanya mengakui Mananwir Paul Finsen Mayor, Anak Adat Suku Besar Betew Raja Ampat sebagai Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat yang sah terpilih sejak 5 Juni 2018 di Konferensi Besar masyarakat adat Papua wilayah III Doberay Papua Barat yang dilaksanakan di Kota Sorong," ujarnya.

Tokoh Pemuda Tambrauw yang juga merupakan Pimpinan Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Ronald Yesnath menyatakan bahwa semua Pemuda asli Papua hanya mengakui dan setia kepada Mananwir Paul Finsen Mayor Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat. Karena sudah jelas-jelas kerja dan kerja-kerja jelas untuk masyarakat adat.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya