Festival Kopi Papua 2023, Digitalisasi QRIS BRI Makin Diminati

Senin, 07 Agustus 2023 17:52 WITA

Card image

Salah satu masyarakat yang menggunakan QRIS dalam transaksi di Festival Kopi Papua 2023, Senin (7/8/2023). (Foto: Edy/MCW)

Males Baca?

JAYAPURA - Guna menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun, ajang Festival Kopi Papua kembali digelar.

Festival Kopi Papua 2023 yang diinisiasi Bank Indonesia ini adalah festival kopi ke-6 sejak diselenggarakan pada 2018 lalu.

Sebanyak 37 UMKM Papua turut andil pada acara tersebut, yang terdiri dari 19 UMKM Kopi, 3 UMKM sektor kerajinan, 14 UMKM sektor makanan dan minuman dan 1 UMKM Fashion.

Festival Kopi Papua 2023 selain menjadi ajang pengembangan UMKM Papua, juga menjadi khazanah Kopi Papua dengan adanya talkshow potensi industri Kopi Papua yang mengetengahkan para pakar Kopi dan juga pengusaha Kopi. 

Peserta Festival Kopi Papua 2023 tentu menyambut acara ini dengan baik, pasalnya para pelaku UMKM ini difasilitasi dan juga dibina hingga mampu terus berkembang dan tentu meningkatkan produktivitas penjualan. Fasilitas dan dukungan diberikan semisal dengan penerapan system Digitalisasi penjualan. Penggunaan aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesia) pada ajang ini sejak awal dilouncing terus mendapat animo tinggi pegiat UMKM, salah satunya pada penggunaan QRIS Bank BRI. 

Salah satu penerima manfaat aplikasi ini yang juga turut sebagai peserta Festival Kopi Papua 2023 adalah Ririens Food yang dimiliki ibu Riri Eko Setiyani. UMKM Riries Food dengan produk andalan menjual cake dan berbagai produk olahan Sagu ini, menjadi salahsatu primadona pada ajang Festival Kopi Papua 2023.

Kepada media ini, Ibu Riri mengaku pembinaan yang diberikan termasuk fasilitas oleh BRI sangat baik. Pengurusan QRIS yang sangat mudah serta biaya murah dalam setiap transaksi yakni 0.3 % saja membuat QRIS BRI sangat diminati peserta.

"Kami ikut festival kopi 2023 ini, dan hampir setia even kami ikut. Penggunaan QRIS BRI ini sudah kami lakukan sejak awal-awal dulu sekitar 2019,"kata ibu Riri, Senin (7/8/2023).

Diakuinya, animo masyarakat Papua menggunakan QRIS dalam transaksi cukup besar, termasuk pada even Festival Kopi 2023. Dikatakan, seluruh UMKM menggunakan QRIS, termasuk masyarakat yang menjadi kustomernya.


Halaman :
  • TAGS:
  • JAYAPURA

Komentar

Berita Lainnya