Firli Bahuri Mangkir Dipanggil Dewas KPK Terkait Pertemuan dengan SYL

Jumat, 27 Oktober 2023 15:21 WITA

Card image

Gedung KPK (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mangkir alias tidak memenuhi undangan klarifikasi Dewan Pengawas (Dewas). Selain Firli, sejumlah pimpinan KPK lainnya juga belum dapat memenuhi undangan klarifikasi dari Dewas.

Sedianya, Dewas mengagendakan untuk klarifikasi seluruh pimpinan KPK terkait adanya pertemuan Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), hari ini. Namun, hanya Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron yang terkonfirmasi akan hadir memenuhi undangan Dewas.

"Yang bisa diperiksa hari ini hanya Pak Nurul Ghufron," kata Anggota Dewas KPK, Albertina Ho di Jakarta, Jumat (27/10/2023).

"Pak Nawawi sedang sakit, Pak Johanis Tanak dan Pak Alexander Marwata sedang dinas di luar kota. Pak Ketua KPK Pak Firli minta dijadwal ulang setelah tanggal 8 November," sambungnya.

Albertina belum membeberkan alasan Firli meminta agenda pemeriksaannya dijadwalkan ulang. Di lain sisi, dia menyebut pihaknya akan mengecek lagi jam pemeriksaan terhadap Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron.

Disampaikan Albertina, penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap pimpinan KPK lainnya akan didiskusikan Dewas. Sementara itu, dia menekankan Dewas KPK juga tak bisa menghadirkan paksa para pimpinan untuk dimintai keterangan.

"Kalau orangnya enggak ada bagaimana? Kami bisa periksa atau tidak? Dewas kan tidak ada upaya paksa. Kami tidak bisa menghadirkan," ungkap Albertina.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya