Gagal Ikuti Pemilu 2024, 16 Parpol Temui Ketua DPD RI

Senin, 19 September 2022 11:05 WITA

Card image

Tjandra Setiadji (kiri) dan Eggi Sudjana (kanan) Foto: dok MCWNEWS)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Ketua dan pengurus belasan partai politik yang tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024 mendatangi Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Kedatangan mereka untuk mengadu dan berharap agar DPD RI melakukan advokasi terhadap gabungan partai politik tersebut, supaya dapat ikut serta dalam Pemilu 2024.

Dalam audiensi hadir seperti Eggi Sudjana (PPB), Farhat Abbas (Partai Pandai), Ripka Widjaja (Wasekjen Partai Bhinneka), Syansahril (Partai Reformasi), Nurdin Purnomo (Ketum PBI), Risno Mukaram (Partai Pandai), Wanda K (Reformasi) dan Abdul B (PPB).

Eggi Sudjana, koordinator gabungan 16 parpol yang tak lolos Pemilu 2024 menjelaskan jika sebelumnya sudah terdaftar dalam lembaran negara dan sudah disahkan oleh Kemenkumham. Namun dengan semena-mena direject oleh KPU dengan sistem Sipol-nya.

"Sistem Sipol dari KPU ini yang menjadi kendala kami. Sipol inilah yang akhirnya membuat 16 parpol ini tidak lolos," ucap Eggi saat bertemu Ketua DPD RI, Jumat (16/9/2022).

Menurutnya, parpol ini bertujuan mulia, di mana ingin ikut serta berjuang untuk bangsa, tetapi kenapa harus dibatasi oleh hal remeh seperti administrasi.

"Bikin partai itu tidak mudah dan tidak murah. Jangan dianggap gampang. Kita ini ingin menjalankan demokrasi. Maka sudi kiranya peran DPD RI untuk mengawasi jalannya pemerintahan dengan memanggil KPU dan Bawaslu mengapa mereka dengan mudah membantai partai," ujarnya.

Di tempat yang sama Farhat Abbas menambahkan, sistem Sipol KPU sering error saat hendak melakukan pendaftaran dan memasukkan data. Bahkan akhirnya data hilang dan tidak bisa mengunggah data ke Sipol dikarenakan hal tersebut.

"Apalagi waktu yang diberikan sangat singkat, hanya 2 minggu. Belum lagi adanya gangguan Sipol itu," keluh Farhat Abbas.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya