Gubernur Koster Peroleh Apreasi karena Membangun Fasilitas Pura Besakih

Jumat, 28 April 2023 20:28 WITA

Card image

Gubernur Bali Wayan Koster saat menghaturkan bhakti Penyineban Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Jumat (28/4/2023). (Foto: Dok.Hmsprovbali)

Males Baca?

 

KARANGASEM - Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Kapolda Bali, Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra, Ida Dalem Semara Putra menghaturkan bhakti Penyineban Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih.

Koster dalam kesempatan itu didampingi Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI, I Nengah Duija, Bupati Karangasem, Gede Dana, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dan Wabup Bangli, I Wayan Diar, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga.

Ketua DPRD Gianyar, Wayan Tagel Winarta, Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika beserta Krama Bali pada, Rabu (Buda Paing, Wayang) 26 April 2023 yang ditandai dengan Nuwek Bagia Pula Kerthi.

Bhakti Penyineban Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih dipuput oleh Ida Pedanda Made Jelantik Sidemen dari Griya Sidemen, Karangasem, Ida Pedanda Gede Manu dari Griya Muncan, Karangasem, dan Ida Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun dari Kedatuan Kawista Belatungan Pupuan, Tabanan. 

Sebelum bhakti Penyineban Karya Ida Bhatara Turun Kabeh dilaksanakan, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mesolah Topeng Sidakarya.

Dalam sambrama wacananya, Murdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Sulinggih, Pemangku, Jajaran Kepolisian, Pecalang yang telah 
dengan tulus ngaturang ngayah melancarkan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih. 

Apresiasi juga diberikan untuk Pamedek yang telah tertib dan disiplin menjalankan Surat Edaran Nomor : 03 Tahun 2023 Tentang Tatanan Baru Bagi Pamedek/Pengunjung Saat Memasuki dan Berada di Kawasan Suci Pura Agung Besakih Selama pelaksanaan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh.

Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan rasa syukurnya di hadapan Hyang Widhi Wasa, karena sebelum Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini menjelaskan Program Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih yang dilaksanakannya dengan menggunakan dana APBD Semesta Berencana Provinsi Bali dan APBN Kementrian PUPR telah selesai dibangun dengan terwujudnya fasilitas Kawasan Suci Pura Agung 
Besakih.

"Sehingga saat Karya ini berlangsung, para Pamedek merasakan nyaman dan aman menuju dan tiba di Pura Agung Besakih, serta kondisi parkir kendaraan juga dirasakan sudah tertata rapi," tuturnya, Jumat (28/4/2023).


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya