Jatuh di Kamar Mandi Rutan KPK, Lukas Enembe Dilarikan ke Rumah Sakit

Jumat, 06 Oktober 2023 14:18 WITA

Card image

Gubernur Papua Nonaktif, Lukas Enembe, (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe (LE) dikabarkan jatuh di kamar mandi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat sedang buang air kecil. Lukas kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Kuasa Hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona mengaku, awalnya mendapat kabar kliennya jatuh di kamar mandi dari pegawai Rutan KPK. Dari informasi yang diterima, Lukas mengalami benjolan di kepala usai terjatuh di kamar mandi Rutan KPK.

"Saat saya datang mau nengunjungi bersama rekan tim yang lain, Antonius Eko Nugroho, mobil ambulans sudah ada di depan pintu gerbang rutan dan siap membawa Pak Lukas ke rumah sakit. Tidak lama keluar, Pak Lukas dalam kondisi duduk di kursi roda dan siap dibawa ke RSPAD," ujar Petrus melalui keterangan resminya, Jumat (6/10/2023).

Lukas Enembe kemudian dilarikan ke rumah sakit dan disusul dengan dua kuasa hukumnya, Petrus Bala Pattyona dan Antonius Eko Nugroho. Petrus menggambarkan bahwa Lukas mengeluhkan sakit kepala dan pusing-pusing sudah dua hari belakangan ini.

"Saat saya melakukan kunjungan ke Rutan KPK pada Selasa kemarin, dengan Antonius Eko Nugroho, Pak Lukas sudah mengeluhkan pusing-pusing," ujar Petrus. 

"Setiap Selasa, memang waktu berkunjung ke Lukas Enembe. Saya bersama Antonius Eko Nugroho, setelah masuk, menunggu sebentar di ruang kunjungan," sambungnya.

Petrus menjelaskan, Lukas sempat mengalami pusing sesaat setelah jatuh di kamar mandi. Petugas sempat mengonfirmasi keadaan Lukas. Luka mengamini bahwa mengalami pusing.

"Bapak Lukas hanya menganggukkan kepala dan lalu kembali ke sel tahanan. Tak lama berada di dalam sel, Lukas kemudian keluar sel dan kembali ke ruang kunjungan dengan jalan tertatih-tatih. Setelah duduk, Bapak  Lukas mengatakan dengan perlahan, sudah sejak semalam, menderita pusing," ujar Petrus. 

Saat Rabu pagi, saat Petrus dan Antonius kembali mengunjungi Lukas, Bapak Lukas kembali mengeluhkan sakit kepala. Dalam kunjungan keluarga ke Rutan KPK pada Kamis pagi, keluarga juga diberitahu Lukas, bahwa dirinya menderita pusing-pusing. "Dan keluarga juga melihat kedua kaki Pak Lukas kembali bengkak," tukas Petrus. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya