KPK Turut Geledah Ruang Kerja Mentan dan Sekjen Kementan

Sabtu, 30 September 2023 11:36 WITA

Card image

Pihak Kepolisian Menjaga Proses Penggeledahan yang Dilakukan KPK di Gedung Kementan, Jakarta Selatan, Sabtu (30/9/2023). (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut menggeledah Kantor Kementerian Pertanian (Kementan) di Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan, pada Jumat (29/9/2023). Penggeledahan di kantor Kementan dilakukan sejak Jumat pagi hingga Sabtu dini hari tadi.

Penggeledahan itu dilakukan untuk mencari bukti tambahan terkait penyidikan dugaan korupsi di Kementan. Sebelum ke kantor Kementan, tim sudah lebih dulu menggeledah Rumah Dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V Nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Selain penggeledahan di Rumah Dinas, betul ada penggeledahan di Kantor Kementerian Pertanian," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan dikutip Sabtu (30/9/2023).

Ali merincikan sejumlah ruangan di kantor Kementan yang turut digeledah. Di antaranya, ruang kerja Syahrul Yasin Limpo, dan ruang kerja Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono. "Di ruang menteri dan sekjen Kementerian Pertanian," ucap Ali Fikri.

Penggeledahan telah rampung pada dini hari tadi. Tim membawa sejumlah barang bukti yang disimpan di dalam lima koper dari kantor Kementan. Sayangnya, Ali belum menginformasikan apa saja yang berhasil diamankan tim penyidik dari kantor Kementan. 

"Tentu nanti perkembangannya kami akan sampaikan lebih lanjut terkait hasil penggeledahan tersebut," kata Ali.

Untuk diketahui, KPK mulai meningkatkan status penyelidikan terkait dugaan korupsi di Kementan ke tahap penyidikan. Kabarnya, kasus yang ditingkatkan ke tahap penyidikan yakni terkait dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementan.

Sejalan dengan itu, KPK dikabarkan telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Mereka yakni, Mentan Syahrul Yasin Limpo; Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono; serta Direktur Alat Mesin Pertanian, Muhammad Hatta.
 
Sementara itu, belum ada pernyataan resmi dari Syahrul Yasin Limpo ihwal penetapan tersangka hingga penggeledahan oleh KPK di rumahnya. Pun demikian keterangan dari Kasdi Subagyono dan M Hatta.

Reporter: Satrio


Komentar

Berita Lainnya