Lepas Sambut Brigjen TNI JO Sembiring Diiringi Rasa Haru

Selasa, 16 Mei 2023 11:37 WITA

Card image

Saat wartawan berfoto bersama Brigjen TNI J.O Sembiring saat lepas sambut, Selasa (16/5/2023). (Foto: Edy/mcw)

Males Baca?

 

JAYAPURA - Acara lepas sambut Danrem 172/PWY dari Brigjen TNI JO Sembiring kepada Letkol Inf. Dedi Hardono digelar. Meski dibalut kekeluargaan, acara yang dihadiri para tokoh Papua baik adat, agama maupun tokoh muda ini penuh dengan haru.

Terlebih pada sesi ramah tamah. Bang Jo begitu akrab disapa memang terkenal humble dan dekat dengan siapapun di Papua, termasuk tokoh-tokoh adat, agama, perempuan dan Pemuda.

Kedekatan ini memang tidak serta merta terjalin, namun lantaran lama penugasan di Papua mulai dari perwira menengah hingga kini menyandang pangkat bintang satu semuanya di Papua.

Hampir semua wilayah Pegunungan Papua yang saat ini telah terpecah menjadi Provinsi baru tak luput dari penugasan Jenderal Baret Merah ini. Sehingga wajar saja jika ia memiliki banyak kolega.

Angel Bertha Sinaga, wartawan senior Papua yang turut hadir dalam lepas sambut memberikan kesan dan pesannya terhadap Brigjen TNI JO Sambiring.

"Meski sudah menjadi hal lumrah rotasi jabatan dilingkungan TNI, namun kesan selama penugasan di Papua membuat rasa sedih itu ada. Sosok Bang Jo memang memiliki kedekatan tersendiri juga dengan awak media di Papua. Bang Jo dikenal oleh kalangan media adalah sosok yang suka membantu," ucapnya, Selasa (16/5/2023).

Sebagai salah seorang yang kerap kali meliput kegiatan Danrem 172/PWY, dirinya cukup terkesan karena beberapa kali menyentuh masyarakat-masyarakat hingga diakar rumput.

"Dengan segala upaya beliau membina ibu-ibu penjual yang masih memerlukan bantuan gerobak, bantuan modal dan sebagainya. Ini akhirnya UMKM masyarakat kecil lebih maju hingga mereka bisa menyekolahkan anak-anaknya," kata Angel Bertha.

Dirinya juga terenyuh atas uluran tangan terhadap pemuda Papua penjual Cilok di Sentani, Zakheus Keroman. Keduanya dipertemukan disela-sela kunjungan kerja Bang Jo ke wilayah itu, Juli 2022 lalu. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya