Pengusutan Dugaan Korupsi Pengadaan Pesawat oleh Pemda Mimika Tuai Apresiasi

Kamis, 01 September 2022 18:06 WITA

Card image

Ketua Forum Peduli Mimika, Nalio Jangkup

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JAYAPURA - Penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi atas pengadaan dua unit pesawat masing-masing jenis Cessna Grand Caravan C -208 EX dan Helikopter Airbus H-125 oleh Pemerintah Daerah Mimika menuai apresiasi. Salah satunya, dari pilot asli Amugme Mimika, Nalio Jangkup.

Nalio memberikan apresiasi tinggi atas keseriusan Kejaksaan Tinggi Papua dalam menangani kasus tersebut. Diketahui, Kejati Provinsi Papua saat ini sedang melakukan penyidikan atas dugaan korupsi pengadaan dua pesawat oleh Pemda Mimika.

"Laporan kami telah diterima oleh Kejati Papua dan Polda Papua, sehingga kasus ini sudah dinaikkan seterusnya ke Penyidikan. Kami sangat mengapresiasi karena ini menyangkut uang rakyat," kata Nalio, Kamis (1/9/2022).

Selain sebagai Pilot yang mengetahui persis prihal pengadaan pesawat dan Helikopter yang dimaksud, Nalio yang juga Ketua Forum Peduli Mimika (FPM) mengaku ada beberapa hal yang membuat pengadaan dua pesawat milik Pemda Mimika sarat penyelewengan.

"Pertama adalah soal lelang pesawat itu. Jadi ini dilakukan tahun 2016 lalu oleh mantan Kadis Perhubungan Mimika, namun kemudian beliau menunjuk istrinya untuk terlibat dalam proses itu, dan kemudian ditunjuklah Dirut Asian One Air yang juga keluarga istri mantan Kadishub. Dalam hal ini telah terjadi penyalahgunaan wewenang dan terjadi pemufakatan jahat," jelas Nalio.

Dikatakan, langkah Kejati dalam mengungkap dan membuat terang persoalan ini sangatlah tepat, pasalnya Pemda malah dirugikan pada pengadaan dua Pesawat tersebut.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya