Presiden Jokowi Resmikan Fasilitas Kesehatan dan Infrastruktur di Sulawesi Tengah

Selasa, 26 Maret 2024 19:31 WITA

Card image

Presiden Jokowi meresmikan serangkaian fasilitas kesehatan, pendidikan, dan hunian tetap, serta infrastruktur permukiman yang direvitalisasi pasca bencana Sulawesi Tengah pada tahun 2018, Selasa (26/3/2024)

Males Baca?

PALU – Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menggelar upacara peresmian serangkaian fasilitas kesehatan, pendidikan, dan hunian tetap, serta infrastruktur permukiman yang direvitalisasi pasca bencana Sulawesi Tengah pada tahun 2018. 

Peristiwa bersejarah ini diselenggarakan di Gedung Anutapura Medical Centre (AMC) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (26/3/2024).

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa langkah-langkah untuk memulihkan kondisi pascabencana di Sulawesi Tengah telah diatur melalui Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2022. "Kami dengan bangga meresmikan sejumlah infrastruktur yang telah direvitalisasi sebagai bagian dari upaya penuntasan rehabilitasi dan rekonstruksi," ujar Presiden.

Gedung Anutapura Medical Centre (AMC) RSUD Anutapura, salah satu proyek unggulan, dibangun dengan teknologi terkini dan menjadi yang pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi lead rubber bearing (LRB) untuk meningkatkan ketahanan seismik akibat gempa. 

"Dengan luas 19.000 m2 dan anggaran mencapai Rp244 miliar, gedung ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penting seperti IGD, Kebidanan, Poliklinik, Radiologi, Lab, Ruang Rawat Inap, dan Instalasi Bedah Sentral," tambah Presiden.

Tak hanya itu, rekonstruksi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu juga menjadi fokus perhatian. Dibangun sejak 2020 dengan biaya mencapai Rp139 miliar, proyek ini melibatkan pembangunan gedung perkuliahan, auditorium, pusat kegiatan mahasiswa, fasilitas olahraga, serta fasilitas penunjang lainnya.

Sementara itu, peresmian pembangunan Hunian Tetap (Huntap) dan infrastruktur permukiman pascabencana yang mencakup 3724 unit Huntap dengan total biaya mencapai Rp1,05 triliun juga menjadi sorotan utama. "Pendekatan 'build back better' kami terapkan untuk memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun tidak hanya memperbaiki kerentanan, tetapi juga meningkatkan ketahanan terhadap bencana di masa depan," ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Direktur RSUD Anutapura, dr. Maria Rosa Da Lima Rupa, mengapresiasi upaya pemulihan yang telah dilakukan. "Gedung baru ini tidak hanya memperbaiki kondisi, tetapi juga memberikan rasa aman kepada masyarakat dan petugas kesehatan. Kami berterima kasih atas bantuan dari Kementerian PUPR dan JICA dalam proses revitalisasi RSUD Anutapura," ujarnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR Essy Asiah, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah Baskoro Elmiawan. 

Transformasi pascabencana Sulawesi Tengah ini bukan hanya tentang membangun infrastruktur fisik, tetapi juga tentang membangun ketahanan dan harapan bagi masyarakat yang terdampak.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya





KPK Gelar Festival Film Antikorupsi