Selidiki Dugaan Korupsi di Kementan, KPK Berencana Klarifikasi Menteri Yasin Limpo Besok

Kamis, 15 Juni 2023 17:42 WITA

Card image

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat Diwawancarai Wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (15/6/2023). (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memintai keterangan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, pada Jumat, (16/6/2023), besok. Keterangan Yasin Limpo dibutuhkan berkaitan dengan penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Betul, memang kami menjadwalkan Besok hari Jumat 16 Juni mengundang Menteri Pertanian untuk hadir di Gedung Merah Putih KPK sekitar jam 09.30 WIB," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (15/6/2023).

KPK sudah mengirimkan surat undangan permintaan keterangan kepada Yasin Limpo. Surat undangan tersebut dikabarkan sudah diterima Yasin Limpo. KPK berharap Politikus Partai NasDem tersebut dapat memenuhi undangan besok.

"Suratnya, informasi yang kami peroleh sudah disampaikan, aehingga kami berharap kepada yang bersangkutan bisa hadir di Gedung Merah Putih KPK memenuhi undangan dari tim penyelidik KPK," terangnya.

Sebenarnya, dibeberkan Ali, tim penyelidik sudah memintai keterangan puluhan pihak berkaitan dengan penyelidikan dugaan korupsi di Kementan. Para pihak yang telah dimintai keterangan KPK, kata Ali, di antaranya pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementan.

"Ini kan berlansung sejak awal Januari 2023 sudah banyak yang kemudian kami undang ke KPK saya kira jumlahnya puluhan sudah dimintai keterangan," terang Ali.

"Kemudian KPK juga sudah memiliki bahan keterangan sebagai calon barang bukti tentunya dalam proses-proses berikutnya, saya kira kami akan tentukan sikap setelah para pihak yang diudang itu seluruhnya hadir dan cukup kami dapat ambil kesimpulan beberapa Hal pada proses-proses penyelidikan," sambungnya.


Reporter: Satrio
Editor: Sevianto


Komentar

Berita Lainnya