Sempat Tak Bisa Dilalui, Transportasi kembali Lancar Setelah Jembatan Kali Pamali Diperbaiki

Kamis, 01 Juni 2023 15:14 WITA

Card image

Anggota Kodim 1806 Teluk Bintuni gotong royong bersama masyarakat distrik Merdey perbaiki jembatan Kali Meyof, Kamis (1/6/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

 

BINTUNI - Transportasi dari Bintuni ke Ibu Kota Distrik Merdey mengalami kendala. Hal tersebut terjadi dikarenakan Jembatan Kali Pamali mengalami kerusakan sejak beberapa hari lalu. 

Kepala Distrik Merdey Yustina Ogeney mengatakan, jembatan yang rusak membuat kendaraan roda dua, empat dan truk tidak bisa melintas. Sehingga program pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat turut terkendala. 

"Akses jalan ke Ibu Kota Distrik Merdey, Sistrik Masyeta, Distrik Biscoop dan tiga distrik lainnya putus karena jembatan rusak, Jembatan Kali Pamali ini sebelum masuk ke Jembatan Kali Meyof sehingga bantuan belum dimobilisasi," ucapnya, Kamis (1/6/2023).

Ia menerangkan, hal itu sudah berlalu dan akses dapat dilalui kendaraan setelah jembatan yang rusak telah diperbaiki oleh anggota TNI AD. 

"Kami dibantu pak Dandim Teluk Bintuni,. Beliau turunkan 20 anggotanya untuk memperbaiki jembatan bersama pemuda bersama serta staff di Kantor Distrik Merdey," bebernya.

Yustina menceritakan, berawal dari status yang dia unggah pada aplikasi WhatsApp, kemudian mendapat tanggapan dari Dandim 1806/Teluk Bintuni Letkol Arh Patrick Arya Bima

Dijelaskan, jembatan dikerjakan manual dengan menggunakan mesin pemotong kayu. Pohon yang digunakan yakni pohon matoa, di mana pohon tersebut tumbuh di hutan sekitar jembatan. 

"Setelah pohon ditebang, dipotong lalu dipikul oleh Bapak-bapak tentara bersama masyarakat. Setelah itu disusun menjadi jembatan," terangnya.

Saat ini jembatan sudah bisa dilalui meskipun masih darurat. Bahkan truk yang membawa BBM PLTD Distrik Merdey dan barang bangunan kampung telah lancar.

"Kami berharap kepada Pemerintah Daerah Teluk Bintuni lewat dinas terkait agar membangun jembatan itu secara permanen," pungkasnya.

Reporter: Haiser
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya