Status Bandara Mozes Kilangin Timika Akan Dinaikan Jadi BLU

Jumat, 29 Juli 2022 13:28 WITA

Card image

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Papua, Soekarjo, SH., MH.,(Foto: MCWNEWS)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, TIMIKA - Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Papua, akan dinaikan statusnya menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dengan kenaikan status tersebut diharapkan dapat meningkatkan layanan dan fasilitas Bandara. 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Papua, Soekarjo, SH., MH., kepada MCWNEWS, Jumat (29/07/2022).

"Ada satu rencana dan satu program dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Udara, bahwa Bandara Mozes Kilangin tahun ini akan diproses menjadi BLU," kata Soekarjo.

Soekarjo menerangkan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan pertemuan baik di Jakarta maupun di Sorong. Selain itu pada tanggal 18 Agustus nanti akan ada pertemuan dengan Biro Keuangan Kementerian Perhubungan untuk expose masalah bandara secara strategi bisnisnya. 

"Jadi kita bahas pengelolaan kepegawaian seperti apa dan pengembangan-pengembangan kedepan seperti apa, apabila Mozes Kilangin Timika dijadikan Badan Layanan Umum," terangnya.

Lebih lanjut menurutnya, peningkatan status menjadi BLU, menandakan bahwa Bandara Mozes Kilangin Timika, dikategorikan sudah layak untuk melakukan pengelolaan secara mandiri.

"Kita (Bandara Mozes Kilangin) diharapkan secara operasional bisa menghidupi dirinya sendiri. Sedangkan gaji dan investasi dari Pemerintah Pusat. Minimal ada yang dikurangi dari biaya-biaya yang selama ini digelontorkan oleh Pemerintah Pusat terutama untuk bandara udara," papar Soekarjo.

Dikatakan, bahwa peningkatan status menjadi BLU harus melewati beberapa proses penilaian dari Direktorat Jendral Parhubungan Udara berdasarkan hasil laporan, jumlah penerbangan, dan fasilitas yang ada.

Tercatat sampai sejauh ini, maskapai penerbangan yang telah beroperasi di Bandara Mozes Kilangin Timika adalah? Garuda Indonesia, Batik, Lion, Wing R, dan Sriwijaya. Khusus untuk Sriwijaya masih menggunakan Terminal dari PT Freeport Indonesia.

Selain itu, juga ada pesawat kargo yakni Trigana, Tri MJ, Black Stone, Ribut Air, Smart Air, dan Susi Air, yang sering beroperasi di Bandara Mozes Kilangin Timika.

"Melalui peningkatan status ke BLU ini, harapannya Bandara Mozes Kilangin dapat meningkatkan layanan dan fasilitas. Prinsip Saya penumpang adalah raja," tandasnya. (adi)


Komentar

Berita Lainnya