Terkait Penyidikan Mafia Tanah Proyek Strategis Nasional, Kantor BPN Sulsel Digeledah

Rabu, 01 November 2023 17:12 WITA

Card image

Pengadilan Negeri Tipikor pada Pengadilan Negeri Makassar, saat melakukan Penggeledahan di kedua tempat, terkait dugaan mafia tanah pada kegiatan pembayaran ganti rugi lahan Proyek Strategis Nasional Pembangunan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo Tahun 2021, Selasa (1/11/2023)

Males Baca?

MAKASSAR - Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Selatan digeledah oleh Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan pada Selasa (31/10/2023).

Penggeledahan ini berkaitan dengan penyidikan dugaan mafia tanah pada kegiatan pembayaran ganti rugi lahan proyek strategis nasional yakni pembangunan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo pada 2021.

"Penggeledahan ini dilakukan setelah menetapkan enam orang Tersangka yang dilanjutkan dengan tindakan Penahanan," kata Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Soetarmi, Rabu (1/11/2023).

Penggeledahan dilakukan oleh Tim Penyidik pada Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Sulawesi Selatan berdasarkan Surat Perintah Penggeledahan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Nomor : Print-1061/P.4/Fd.2/10/2023 tanggal 30 Oktober 2023 dan Penetapan Izin Penggeledahan Nomor : 6/PenPid.Sus-TPK-GLD/2023/PN.Mks. tanggal 31 Oktober 2023 dari Pengadilan Negeri Tipikor pada Pengadilan Negeri Makassar.

Bukan hanya Kantor Wilayah BPN Sulsel, di Jalan Opu Daeng Risadju Nomor 438 Baji Mappakasunggu Kecamatan Mamajang Kota Makassar, melainkan juga penggeledahan dilakukan di

rumah kediaman tersangka AA di Perumahan Bumi Aroepalla No. U32 Kab. Gowa. 

Penggeledahan di kedua tempat tersebut berlangsung secara serentak mulai pukul 13.15 Wita.

"Masing-masing tim telah mengamankan dokumen ataupun barang bukti lainnya terkait kasus dimaksud," kata Soetarmi.

Dari Kanwil BPN Provinsi Sulsel, didapat berupa 27 bundel dokumen yang terdiri dari Revisi Dokumen Perencanaan Pengadaan tanah Pembangunan Bendungan Passeloreng di kabupaten Wajo, dokumen Perencanaan Jaringan Air Baku Passeloreng Kab. Wajo, Dokumen tentang poin-poin tentang kawasan hutan passeloreng, dokumen tentang gambarang kondisi areal bendungan passeloreng yang masuk dalam kawasan hutan, Peta genangan bendungan passeloreng yang masuk dalam kawasan hutan, dan dokumen usulan perubahan kawasan hutan dalam rangka revisi RTRWP Sulawesi Selatan dan penanganan kontrak.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya