BRI Layani KUR Bagi Peternak dan Petani di Mariyai Kabupaten Sorong, Hasilnya Memuaskan

Jumat, 02 Juni 2023 21:21 WITA

Card image

Tim BRI Mariyai Kabupaten Sorong saat melihat langsung realisasi KUR Petani di Mariyai. Jumat (2/6/2023). (Foto/ Edy/MCW)

Males Baca?

 

AIMAS  - BRI sebagai salahsatu Bank BUMN yang didaulat pemerintah sebagai penyalur utama UMKM konsisten mengawal pertumbuhan UMKM di Indonesia. 

Konsistensi BRI dalam mengawal UMKM dilakukan dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga kepelosok negeri.

Seperti yang dilakukan bagi kelompok tani di Kampung Mariyai Distrik Mariat Kabupaten Sorong Papua Barat Daya. 

Pola kredit yang fleksibel membuat masyarakat yang banyak berkecimpung pada sektor pertanian dan peternakan ini, memanfaatkan KUR BRI untuk terus mengembangkan usahanya.

Kepala BRI Cabang Sorong Jacob Hetaria melalui Kepala Kantor Unit Mariyai Nurwaty mengakui puluhan petani dan peternak diwilayah itu telah memanfaatkan KUR.

"Sebanyak lebih dari 20 petani dan peternak disini yang memanfaatkan KUR, polanya ada yang bulanan ada juga yang sekali lunas," kata Nurwaty, Jumat (2/6/2023).

Dijelaskan, untuk pola musiman yang kerab dimanfaatkan para petani dan peternak di Mariyai adalah pelunasan yanh dilakukan setelah panen atau setelah ternak warga laku.

"Untuk petani, biasanya mereka mengambil kredit jangka tiga bulanan namun ada juga yang lebih, jadi saat menanam mereka ambil kredit dan setelah panen langsung dilunasi. Perbulannya hanya membayar bunganya sebelum jatuh tempo dan saat panen itu baru lunas," jelasnya.

Sama halnya para peternak. Mereka memanfaatkan KUR saat pembelian anakan sapi atau kambing. Dan setelah laku dijual, maka kredit juga dilunasi. 


Halaman :
  • TAGS:
  • AIMAS
  • BUMN

Komentar

Berita Lainnya