Gung Anom Hadiri Prosesi Pasupati Pralingga di Pura Dalem Setra Sangkanbuana

Selasa, 19 Maret 2024 15:49 WITA

Card image

Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom hadiri prosesi upacara ngeratep, melaspas dan masupati pralingga di Pura Dalem Setra Desa Adag Sangkanbuana, (Senin 18/3/2024). (Foto: Dewa).

Males Baca?

KLUNGKUNG - Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom hadiri prosesi upacara ngeratep, melaspas dan masupati pralingga atau tapakan Ida Sesuhunan dan awig-awig di Pura Dalem Setra Desa Adag Sangkanbuana, Senin 18 Maret 2024.

Adapun pralingga Ida Sesuhunan yang diperbaiki yaitu Ida Bhatara Lingsir, Ida Bhatara Ratu Gede, Ida Bhatara Ratu Ayu dan Ida Bhatara Ratu Anom.Upacara dipuput Ida Peranda Putra Gelgel dari Geria Gede Kediri, Sengguan, Klungkung.

Menurut Gung Anom proses upacara ngeratep, melaspas dan masupati pralingga Ida Sesuhunan ini sudah berlangsung sakral. 

“Tiang hadir di Desa Adat Sangkanbuana dalam upacara yang luar biasa, ini adalah upacara sakral untuk ngurip sasuhunan milik desa adat setempat dengan tujuan kedepan diberikan restu dan perlindungan dalam setiap melaksanakan kegiatan yang baik,” kata Gung Anom dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Selasa (19/3/2024).

Menurutnya setiap desa adat memiliki aturan adat atau awignya masing-masing, yang membuat Bali kian kaya dan tidak bisa disamai dengan daerah lain dan inilah yang menjadikan Bali terkenal dan diidolakan wisatawan.

“Untuk itu, tiang akan selalu mendukung apalagi saat ini tiang salah satu bagian dari pemerintah daerah, dan di Klungkung kedepan tentu akan tetap berkomitmen untuk pelestarian adat dan Budaya serta tradisi,” imbuhnya.

Bendesa Adat Sangkanbuana, I Wayan Sudiana Urip, mengatakan setelah upacara ngeratep, melaspas dan masupati, rangkaian upacara dilanjutkan dengan ritual ngerahang di setra atau kuburan Desa adat Sangkanbuana malamnya. Setelah itu Ida Sesuhunan dilanjutkan Masolah Calonarang pada Rabu (20/3) malam. 

"Kami selaku prajuru mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga rangkaian upacara ini dapat terlaksana. Semoga Ida Bhatara Sesuhunan senantiasa memberikan kerahayuan kepada kita semua," pungkas Urip.

Dalam upacara ini hadir juga Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra yang didanpingi Penglingsir Puri Klungkung, Kadis Kebudayaan Klungkung, Ketut Suadnyana mewakili Pj Bupati Klungkung, Bendesa Madya Majelis Desa Adat (MDA) Klungkung Dewa Made Tirta, Camat dan Lurah Semarapura Kauh.

Reporter: Dewa


Komentar

Berita Lainnya