Kemendes PDDT Dorong Teluk Bintuni Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Demak

Minggu, 13 November 2022 22:37 WITA

Card image

Foto Bersama Bupati Teluk Bintuni bersama Kemendes PDTT dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua Barat, Minggu, (13/11/2022), Foto: Haiser/mcw)

Males Baca?


MANOKWARI - Direktur Penyelesaian Pembangunan Sarana dan Prasarana, Direktur Jenderal Percepatan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Sofyan Hanafi mengunjungi Kabupaten Teluk Bintuni.

Di sana, Sofyan Hanafi bertemu dengan Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Provinsi Papua Barat, Lince Idorway.

Dalam kesempatan tersebut Sofyan Hanafi menjelaskan kehadirannya bersama rombongan di Kabupaten Teluk Bintuni baru-baru ini sesuai dengan misi pada tahun 2024, di mana Bintuni bisa dientaskan.

"Kami melihat yang menjadi indikator adalah ekonomi, kami melihat banyak potensi Bintuni dan kaya sumber daya alam namun kuncinya di sumber daya manusia. Sehingga kami menggandeng teman-teman dari Kabupaten Demak untuk bisa menjalin satu hubungan semacam desa kembar," ucapnya kepada wartawan, Minggu (13/11/2022).

Dikatakan, kerja sama antar kabupaten dengan kelebihan sumber daya manusia akan saling membantu dikarenakan sumber daya alam di Demak sudah mulai berkurang terutama pada hasil produksi perikanan ikan manyung.

Jika di Kabupaten Teluk Bintuni, ikan yang disebut dengan ikan sembilan ini diambil gelembungnya dan ikannya dibuang.

"Nah, kami melihat peluang bagaimana masyarakat yang tadinya membuang ikan-ikan itu bisa dikumpulkan oleh Bumdes-bumdes, untuk bisa dimasukkan ke dalam rumah produksi pengolahan perikanan yang kami rintis bersama Ibu Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung," tuturnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya