KPK Ingatkan ASN Agar Pahami Pancasila Guna Cegah Korupsi

Senin, 14 November 2022 15:20 WITA

Card image

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, Pancasila lahir sebagai ideologi dasar negara yang menyatukan tekad semua rakyat Indonesia, Senin, (14/11/2022), (Foto: Putra/mcw)

Males Baca?

 

BANTEN - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menyatakan pentingnya memahami Pancasila secara substansi. Menurutnya, masih terdapat kelemahan dalam implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di lingkungan sekitar ASN.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri kegiatan Penguatan dan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

"Tantangan dihadapi oleh penyelenggara negara, di mana ASN harus menjadi teladan agar Pancasila itu tidak hanya dalam ucapan, namun juga dapat terwujud dalam perilaku," tuturnya, Senin (14/11/2022).

"Jika perilaku tindak pidana korupsi masih terjadi di lingkungan ASN, bisa dikatakan karena ASN atau oknum tersebut belum bisa menerapkan nilai Pancasila secara sempurna,” sambung Firli.

Ia menjelaskan, jika semua anak bangsa sudah mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila, maka akan tumbuh keyakinan yang sama, yaitu tidak mau melakukan korupsi.

“Kenapa pelaku korupsi masih banya, salah satunya karena pengamalan, implementasi nilai Pancasila dari Ketuhanan Yang Maha Esa hingga Keadilan Sosial belum sempurna. Orang yang tidak memiliki nilai ini akibatnya banyak melakukan korupsi," tegas Firli.

Dalam acara yang berlangsung di pendopo Kantor Gubernur Provinsi Banten ini juga dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya





KPK Gelar Festival Film Antikorupsi