Matangkan WWF Ke-10 di Bali, Basuki Hadimuljono ke Tunisia

Selasa, 06 Februari 2024 14:52 WITA

Card image

Menteri Basuki hadir dalam The 5th Mediterranean Water Forum di Tunis, Tunisia, dan menyampaikan pidatonya saat opening ceremony, Senin (6/2/2024).

Males Baca?

JAKARTA - Kurang dari 100 hari menjelang World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menunjukkan komitmennya dalam mempersiapkan forum internasional ini. 

Pada Senin (5/2/2024), Menteri Basuki hadir dalam The 5th Mediterranean Water Forum di Tunis, Tunisia, dan menyampaikan pidatonya saat opening ceremony.

Menteri Basuki menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Tunisia atas dukungannya terhadap Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10 pada 18-25 Mei 2024.

“Tunisia dan negara-negara Mediterania lainnya memiliki peranan penting dalam proses regional dan telah membuat kontribusi yang signifikan dalam World Water Forum ke-10 yang akan dilaksanakan di Bali pada Mei 2024 mendatang,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menuturkan bahwa The 5th Mediterranean Water Forum merupakan momen penting dalam menyambut World Water Forum ke-10. Forum ini sejalan dengan tema utama dan 6 sub-tema World Water Forum ke-10, termasuk solusi terhadap kelangkaan air, pembiayaan air inovatif, transfer teknologi, dan peningkatan kapasitas dalam pengelolaan air.

Saat ini, Pemerintah Indonesia dan World Water Council tengah merumuskan Deklarasi Menteri yang telah dibahas dalam 1st Preparatory Meeting di UNESCO Headquarters di Paris, Prancis.

“Deklarasi ini akan menjadi dokumen yang menggabungkan komitmen kolektif dari berbagai negara, termasuk dari region Mediterania. Deklarasi bertujuan untuk menghasilkan komitmen atas tindakan nyata dan solusi inovatif yang akan berkaitan dengan Deklarasi Tunis yang kita sepakati hari ini,” jelas Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengundang masukan dari The 5th Mediterranean Water Forum, khususnya mengenai isu-isu penting dari Deklarasi Tunis. Masukan tersebut akan dipertimbangkan dalam penyempurnaan Deklarasi Menteri dan dibahas dalam 2nd Preparatory Meeting pada 28-29 Maret 2024 di Paris.

Pada kesempatan ini, Menteri Basuki mengundang para delegasi The 5th Mediterranean Water Forum untuk hadir dan berpartisipasi aktif dalam World Water Forum ke-10 di Bali.

“Dimulai dari The 5th Mediterranean Water Forum, kami berharap World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan pada Mei 2024 mendatang dapat menjadi forum yang sangat baik untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan sumber daya air dan memperkuat komitmen komunitas air global,” tandas Menteri Basuki.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya





KPK Gelar Festival Film Antikorupsi