Permudah Masyarakat Urus Administrasi Kependudukan, Kepala Distrik Merdey Buat Aplikasi

Rabu, 30 November 2022 07:55 WITA

Card image

Kepala Distrik Merdey, Yustina Ogeney, SE (Foto: Haiser/mcw)

Males Baca?

 

BINTUNI - Kepala Distrik Merdey, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, Yustina Ogeney akan membuat aplikasi pelayanan distrik yang dapat digunakan secara mandiri oleh masyarakat. 

Aplikasi tersebut untuk mempermudah masyarakat dalam administrasi, yang meliputi pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Distrik Merdey.

Yustina Ogeney mengakui pasti banyak masyarakat tidak paham terkait elektronik untuk mengakses aplikasi atau website tersebut. 

Untuk itu pemerintah distrik akan melakukan pendampingan agar masyarakat dapat mengakses website kependudukan itu sendiri. 

"Kita akan mendampingi sehingga masyarakat mengakses sendiri, jadi ada admin khusus untuk kependudukan dan tenaga itu akan ada untuk tahun ini," ucapnya kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Dijelaskan, guna mensukseskan program yang dirancangnya sebagai salah satu pimpinan daerah (distrik) yang berada di wilayah Moskona, pihaknya akan menambah satu staf yang hanya khusus menangani website kependudukan. 

"Saya akan menambah satu staf, tugasnya hanya untuk administrasi kependudukan. Dia tidak bertugas untuk urus yang lain-lain dan hanya urus di dalam kantor setiap hari (jam kerja) untuk urus soal data administrasi kependudukan, dan itu sudah kita siapkan sehinggadia sudah harus mengoperasikan aplikasi itu," jelasnya.

Sebelumnya, Yustina Ogeney menjadi peserta pelatihan kepemimpinan administrator angkatan VII pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Makassar.

Di sana ia mengikuti sosialisasi dan launching aplikasi administrasi kependudukan berbasis kampung dan distrik. 

(Haiser Situmorang)


Komentar

Berita Lainnya