Sambut HBA ke-63, Kejati Papua Barat Gelar Seminar

Kamis, 13 Juli 2023 19:22 WITA

Card image

Suasana Seminar dalam rangka menyambut Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-63 tanggal 22 Juli 2023, Kamis (13/7/2023). (Foto: Penkum Kejati Pabar)

Males Baca?

 


MANOKWARI - Kejaksaan Tinggi Papua Barat menyelenggarakan seminar hukum dengan tema “Optimalisasi Kewenangan Kejaksaan Dalam Penanganan Tindak Pidana Yang Merugikan Perekonomian Negara”.

Seminar digelar dalam rangka menyambut Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-63 tanggal 22 Juli 2023 nanti.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat Dr. Harli Siregar, S.H., M.Hum, mengatakan, sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia membutuhkan biaya yang sangat besar untuk melasanakan moderenisasi dan pembangunan di segala bidang.

Seperti politik ekonomi sosial budaya dan sebagainya yang harus dilakukan secara merata di seluruh wilayah tanah air, dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup seluruh rakyat demi mewujudkan masyarakat adil dan makmur. 

"Pembangunan yang pada hakikatnya merupakan proses perubahan yang sengaja dan direncanakan berkelanjutan, secara langsung atau tidak langsung juga membawa perubahan kepada perilaku masyarakat baik yang bersifat positif maupun negatif," ujarnya, Kamis (13/7/2023).

Seiring dengan perubahan dan perkembangan masyarakat, pelaksanaan pembangunan juga berkembang dan berjalan cukup cepat. 

Akan tetapi kenyataan membuktikan bahwa pelaksanaan pembangunan tersebut sidak selalu berjalan lancar karena adanya faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi jalannya pembangunan itu. 

Salah satu faktor penghambatnya ialah karena terjadinya kejahatan berupa penyelewengan-penyelewengan anggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang dipergunakannya untuk kepentingan memperkaya dirinya sendiri, keluarganya atau kerabatnya.

Sehingga dapat mengakibatkan kerugian keuangan negara dan perekonomian negara yang disebut dengan istilah korupsi. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya