Tokoh DOB Papua Herman Yoku Mengaku Bangga dengan Perjuangannya 

Jumat, 09 Desember 2022 08:02 WITA

Card image

Ondofolo Besar Keerom dan juga Anggota MRP Herman Yoku, saat diwawancarai awak media, Jumat, (9/12/2022). (Foto: Edy/mcw)

Males Baca?


JAYAPURA - Pemerintah telah mengesahkan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua. Tiga Provinsi baru itu adalah Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan Tengah, yang kini telah memiliki Pejabat Gubernur dan perangkatnya.

Anggota MRP Pokja Adat Papua  Herman Yoku mengatakan, hal ini tentu harus disyukuri oleh semua pihak, meski gelombang penolakan diawal rumusan terjadi.

"Saya adalah aktor adanya DOB, saya salah satu koordinator yang dipercayakan oleh Tanah Tabi. Kami ada lima koordinatir yang dipercayakan untuk menggelar RDP (Rapat Dengar Pendapat) MRP," tuturnya, Jumat (9/12/2022).

Ia lalu menceritakan kegoncangan RDP saat itu seperti di Wamena dihadang di Bandara, di Merauke ditangkap karena kedapatan ada dokumen NRFPB, hingga harus ditangkap dan diproses hukum oleh kepolisian.

"Kemudian Seireri dipusatkan di Biak ditolak, namun Tabi-Mamta saya berhasil laksanakan dengan aman," kata Herman.

Dijelaskan, hasil RDP tersebut kemudian melahirkan 53 butir aspirasi yang kemudian dimasukkan dalam UU Perubahan, atau yang disebut UU Nomor 2 Tahun 2021.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya