Verifikasi Faktual Dukungan Calon DPD Sulawesi Selatan Dilakukan PPS Buntu Lobo Kecamatan Sesean

Rabu, 22 Februari 2023 14:30 WITA

Card image

Salah satu masyarakat di Lembang Buntu Lobo, Samuel Kambuno yang dilakukan Verifikasi faktual oleh PPS, Rabu (22/2/2023). (Foto: Saldi/mcw)

Males Baca?

 

TORUT - Tahapan pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) memasuki tahapan verifikasi faktual, di mana sesuai tahapan dilaksanakan 18-26 Februari 2024 serentak di seluruh indonesia. 

PPS Buntu Lobo, Kecamatan Sesean setelah mendapatkan sampel calon anggota DPD data dari KPU langsung turun dengan mendatangi secara door to door sampel calon DPD. 

Data sampel calon anggota DPD 2 orang di Lembang Buntu Lobo PPS langsung mendatangi untuk melakukan verifikasi faktual dukungan DPD.

Ketua PPS Lembang Buntu Lobo Zet Bato Sagbua menuturkan, verifikasi faktual dilaksanakan dengan metode dari rumah ke rumah (door to door) untuk memastikan kebenaraan identitas dan dukungan calon anggota DPD untuk penyelenggara pemilu. 

"Tugas kami siap melayani peserta pemilu sesuai amanat undangan-undang, salah satunya masyarakat yang menjadi sampel Samuel Kambuno yang didatangi langsung di rumahnya sangat mengapresiasi," terangnya, Rabu (22/2/2023).

Ia mengatakan, cara kerja PPS yakni langsung turun dan memastikaan bahwa dukungan calon DPD benar. Hal itu untuk mengantipasi stigma buruk bahwa kerja penyelenggara pemilu tidak turun mengecek ke bawah.

"Itu keliru dan terbukti bahwa saat ini PPS didampingi PPK dan PKLbeserta Panwaslu Kcamataan Sesean datang langsung memastikan dukungan calon Anggota DPD," jelasnya.

Kordinator Div Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu Kecamatan Sesean, Marthen Rewasan menuturkan, pelaksanaan verifikasi faktual dilakukan serentak oleh PPS di 9 Kelurahan/Lembang se Kecamatan Sesean, sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami PPK melakukan monitoring kegiataan, sebelumnya PPS mencoba menghubungi LO (Lesson Officer) untuk berkordinasi soal data dukungan yang diverifikasi, beberapa LO calon Anggota DPD yang dihubungi mempercayakan pelaksanaan ke penyelenggara pemilu setelah itu PPS turun ke lapangan," bebernya.

Reporter: Saldi
Editor: Ady


  • TAGS:
  • TORUT

Komentar

Berita Lainnya