Ditetapkan Tersangka KPK, Eks Kabasarnas Henri Alfiandi Terima Suap Rp88,3 Miliar

Kamis, 27 Juli 2023 09:01 WITA

Card image

KPK Gelar Konferensi Pers Terkait OTT Pejabat Basarnas dan Menetapkan Mantan Kepala Basarnas sebagai Tersangka, Rabu (26/7/2023). (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Kepala Basarnas (Kabasarnas) RI periode 2021-2023, Marsekal Madya TNI (Purn) Henri Alfiandi (HA) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek pengadaan barang dan jasa di Basarnas tahun anggaran 2021-2023. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama empat orang lainnya.

Keempat tersangka lainnya itu yakni, Koordinator Administrasi (Koorsmin) Kabasarnas, Letkol Adm Afri Budi Cahyanto; Komisaris Utama PT Multi Grafika Cipta Sejati Mulsunadi Gunawan (MG); Direktur Utama PT Intertekno Grafika Sejati, Marilya (MR); dan Direktur Utama PT Kindah Abadi Utama (KAU) Roni Aidil (RA).

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menjelaskan, penetapan tersangka Marsdya TNI Henri Alfiandi tersebut merupakan tindak lanjut dari masyarakat. KPK menindaklanjuti laporan tersebut ke tahap penyelidikan untuk mencari peristiwa pidana sehingga ditemukan bukti permulaan yang cukup.

"KPK menemukan adanya peristiwa pidana sehingga diumumkan adanya bukti permulaan yang cukup KPK kemudian menaikkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka," kata Alexander Marwata saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023) malam.

Dijelaskan Alex, sapaan karib Alexander Marwata, kasus ini dibongkar lewat Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada 25 Juli 2023 di Jalan Mabes Hankam, Cilangkap dan di salah satu Restoran Soto di Jatisampurna, Bekasi, Selasa (25/7). Tim KPK menangkap 11 orang dan mengamankan barang bukti uang sejumlah Rp999,7 juta.

Sejak tahun 2021, terang Alex, Basarnas melaksanakan beberapa tender proyek pekerjaan yang diumumkan melalui layanan LPSE Basarnas dan dapat diakses oleh umum. Di tahun 2023, Basarnas kembali membuka tender proyek pekerjaan.

Di antaranya pengadaan peralatan pendeteksi korban reruntuhan dengan nilai kontrak Rp9,9 miliar; pengadaan public safety diving equipment dengan nilai kontrak Rp17,4 miliar; dan pengadaan ROV untuk KN SAR Ganesha (multiyears 2023-2024) dengan nilai kontrak Rp89,9 miliar.

Supaya dapat dimenangkan dalam tiga proyek tersebut, Mulsunadi Gunawan, Marilya dan Roni Aidil melakukan pendekatan secara personal dengan menemui langsung Henri Alfiandi dan orang kepercayaannya bernama Afri Budi.

"Dalam pertemuan ini, diduga terjadi 'deal' pemberian sejumlah uang berupa fee sebesar 10 persen dari nilai kontrak," ungkap Alex.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya