KPK: LHKPN Senjata Ampuh untuk Berantas Korupsi

Rabu, 27 September 2023 21:55 WITA

Card image

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (tengah). (Foto: Lan/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bahwa data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) menjadi salah satu kunci penting untuk memberantas korupsi di Indonesia.

"Data LHKPN menjadi sarana transparansi dan akuntabilitas penyelenggara negara. Dengan mengetahui harta kekayaan penyelenggara negara, masyarakat dapat mengawasi dan melaporkan jika ada indikasi korupsi," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Alexander menyampaikan sejumlah temuan dan data menarik seputar LHKPN dalam diskusi media, Rabu (27/9/2023), bertema “Urgensi Pemanfaatan LHKPN dalam Pemberantasan Korupsi" yang juga dihadiri Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

Alexander menjelaskan, KPK terus mendorong seluruh instansi dan lembaga pemerintahan untuk menjadikan kepatuhan dan kelengkapan LHKPN sebagai indikator komitmen seluruh pihak dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Data LHKPN juga bisa digunakan oleh KPK untuk mencari data aliran uang dalam kasus korupsi. Bahkan, data LHKPN bisa membantu aduan masyarakat secara detail," paparnya.

Meski demikian, Alexander tak menampik masih ada celah dalam pelaporan LHKPN. Ia menduga masih banyak harta kekayaan yang disembunyikan oleh penyelenggara negara.

"Ke depan, LHKPN bisa jadi sarana mendeteksi lifestyle dari penyelenggara negara. Tentu perlu upaya ekstra dalam membongkar hal rawan tersebut," pungkas Alexander.

KPK juga mengajak masyarakat dan media untuk langsung terlibat dalam upaya pemberantasan korupsi denga strategi trisula, yakni, pendidikan, pencegahan dan penindakan. 

"Media massa jadi watchdog dari apa yang dilakukan oleh KPK. Selama ini, KPK menggunakan LHKPN mencari data (aliran uang) untuk berantas korupsi. Bahkan, data LHKPN bisa membantu aduan masyarakat secara detail," papar Alex.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya