Ribuan Generasi Milenial Turut Meriahkan Bulan Bung Karno

Sabtu, 03 Juni 2023 21:11 WITA

Card image

Gubernur Bali Wayan Koster melakukan prosesi melepas jala sebagai penanda dibukanya Bulan Bung Karno Provinsi Bali ke-5, Kamis (1/6/2023). (Foto: Nas/MCW)

Males Baca?

 

DENPASAR - Ribuan masyarakat dari kalangan generasi milenial terlihat antusias saat Gubernur Bali Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Tjokorda Oka Sukawati melakukan prosesi melepas jala sebagai penanda dibukanya Bulan Bung Karno Provinsi Bali ke-5.

Acara pembukaan dengan tema “Mahajnana Segara Kerthi" yang mengandung makna Pemuliaan Laut, Pendalaman Ajaran Bung Karno ini berlangsung di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar.

Gubernur Bali dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaraan Bulan Bung Karno yang ke-5 tingkat Provinsi Bali ini sejalan dengan visi pembangunan Bali yang bersifat ideologis.

Yakni kultural, nasionalis, dan religius, melalui penyebarluasan ajaran Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia. 

"Bung Karno merupakan anugerah bagi Bangsa Indonesia, Proklamator yang menggali prinsip ideologi nasional Bangsa Indonesia yang merdeka," ucapnya, Kamis (1/6/2023).

Ia menerangkan, sejarah Bangsa Indonesia telah menatah perjuangan mulia, bahwa 78 tahun yang lalu Bung Karno menyampaikan pidato pada Sidang Umum Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), di tengah diskusi yang belum menemu titik terang tentang rumusan dasar negara Indonesia yang merdeka.

Tanpa menggunakan teks, Bung Karno menguraikan lima poin sebagai landasan filosofis dasar dan cara pandang untuk Indonesia merdeka. Kelima hal dimaksud menjadi landasan idiil, yang diberi nama Pancasila. 

"Pandangan dan usulan Bung Karno diterima secara aklamasi. Momentum bersejarah 1 Juni 1945 itulah, yang kita peringati bersama sebagai Hari Lahir 
Pancasila," bebernya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni oleh Pemerintah Provinsi Bali sejak 2019 dan kini telah merupakan pelaksanaan ke-5, dirangkai dalam keutuhan Perayaan Bulan Bung Karno Provinsi Bali.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya